Berbahayakah demam yang disertai mimisan?

UM Info Penanya: UM, Wanita, 31 Tahun
Maaf dok mw tanya kalo anak usia 26bln mengalami panas d sertai mimisan itu bahaya ap gak ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang UMM,

Keluhan demam seringkali dialami oleh anak kecil ketika ada proses infeksi di dalam tubuh atau daya tahan tubuh sedang turun. Namun demam yang disertai dengan mimisan dapat disebabkan oleh rapuhnya pembuluh darah yang ada di hidung. Rapuhnya pembuluh darah di hidung bisa disebabkan oleh :

  1. Kondisi di dalam hidung yang terlalu kering akibat panas terik matahari, atau kurang minum.
  2. Kondisi demam tinggi sehingga pembuluh darah lebih sensitif.
  3. Trauma akibat membersihkan hidung terlalu dalam.
  4. Infeksi.

Namun ada penyakit yang perlu diwaspadai ketika anak Anda demam disertai dengan mimisan yakni demam berdarah. Bila anak Anda demam selama 3 hari dan disertai dengan mimisan maka sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter anak untuk pemeriksaan lebih lanjut berupa pemeriksaan darah.

Untuk mengatasi demam Anda bisa melakukan kompres air biasa di bagian dahi, ketiak dan lipat paha, hindari memberi selimut tebal ketika anak sedang demam tinggi, gunakan pakaian yang tipis dan beri minum air putih lebih banyak. Sedangkan bila terjadi mimisan maka segera dudukkan anak dengan posisi nunduk condong ke depan agar darah tidak tertelan, serta pencet batang hidung anak beberapa saat untuk menghentikan perdarahan, dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau Rumah Sakit terdekat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab ingus berdarah beragam, namun umumnya tidak berbahaya

Mengenal Penyebab Ingus Berdarah, dari yang Umum hingga Langka

Mayoritas kejadian ingus berdarah atau mimisan bisa ditangani di rumah. Tetapi ada juga mimisan yang harus segera ditangani di rumah sakit. Kapan Anda harus waspada?