Berbahayakah bila istri hamil mengeluarkan darah setelah berhubungan intim?

DA Info Penanya: DA, Pria, 24 Tahun
Assalamualaikum.Maaf dokter mau tanya, saat ini istri saya sedang hamil muda, umur sekutar 13minggu 5hari .Saat setelah kami berhubungan, keluar cairan darah.Apakah itu normal? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DA,

Munculnya darah setelah berhubungan intim dengan istri yang sedang hamil muda dibawah 20 minggu masih dianggap normal selama tidak muncul kram perut, darah yang keluar tidak terlalu banyak, dan istri tidak demam.

Perdarahan tersebut bisa disebabkan oleh :
  1. Kondisi pembuluh darah di sekitar rahim mengalami robekan akibat penetrasi penis yang terlalu dalam. Dalam kondisi normal ketika seorang wanita hamil maka pembuluh darah di sekitar vagina dan rahim akan semakin bertambah.
  2. Adanya polip rahim.
  3. Plasenta previa.
  4. Kondisi rahim yang lebih sensitif pada ibu hamil.

Namun bila muncul darah disertai perut kram, atau darah keluar dalam jumlah banyak, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk memastikan keadaan janin, selain itu hindari berhubungan intim dengan penetrasi yang sangat dalam dan lakukan foreplay untuk memastikan ada cairan pelumas yang cukup banyak untuk melumasi dinding vagina agar tidak terjadi trauma.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil harus menjaga kesehatannya karena kekebalan tubuh bayi bergantung pada kesehatan sang ibu

Lewat Plasenta, Kekebalan Tubuh Bayi Diturunkan dari Ibu

Pada trimester akhir kehamilan, antibodi sang ibu akan menentukan kekebalan tubuh bayi. Ketika bayi lahir dan tumbuh, saatnya memberi vaksinasi sesuai jadwal.