Berbahayakah bila ikatan steril dibuka?

E Info Penanya: E
Dok istri saya kan dulu oprasi sesar trus kandungan y di iket makst ya setiril..itu kalu iketan y di buka untuk bisa mempunyai keturunan ..bahaya enggak dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang E,

Kontrasepsi merupakan cara yang dipilih ketika pasangan ingin menunda kehamilan, namun ada yang sifatnya sementara dengan penggunaan pil KB, suntik KB, IUD atau ada yang sifatnya permanen dengan cara tubektomi pada wanita atau vasektomi pada pria. Kontrasepsi permanen ini biasanya dilakukan oleh pasangan yang sudah memiliki banyak anak, atau sudah tidak ada niatan untuk menambah anak lagi.

Tubektomi adalah prosedur pengikatan pada saluran indung telur (tuba falopi) sehingga sel telur tidak bisa bertemu dengan sperma sehingga tidak terjadi kehamilan. Bila ikatan ini dibuka dengan harapan bisa hamil kembali, maka tidak ada masalah, namun untuk kemungkinan terjadinya kehamilan biasanya relatif kecil, karena ikatan pada tuba falopi tersebut biasanya menyisakan jaringan parut yang akan menyumbat tuba falopi, sehingga sel telur tidak dapat mencapai rahim untuk dibuahi oleh sperma meskipun ikatan sudah dilepas.

Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter kandungan yang dulu menangani istri Anda, dan menanyakan seberapa besar kemungkinan untuk bisa hamil bila ikatannya dilepas.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Quickie membuat rumah tangga berwarna

Seks Kilat Alias Quickie Tidak Memuaskan, Kata Siapa?

Ketika Anda dan pasangan sama-sama sibuk, seks kilat alias quickie bisa menjadi pilihan, untuk tetap menjaga kehangatan hubungan cinta. Seperti apa triknya, untuk bisa melakukan seks kilat, dan merasakan kenikmatannya?Hubungan seksual yang memuaskan, biasanya yang dilakukan secara perlahan, tanpa terburu-buru. Apalagi jika disertai dengan aktivitas saling memijat dan membelai bersama pasangan. Namun apa jadinya jika Anda dan pasangan tak punya banyak waktu? Seks kilat alias quickie sex pun men