Berbahayakah bila ikatan steril dibuka?

E Info Penanya: E, Pria
Dok istri saya kan dulu oprasi sesar trus kandungan y di iket makst ya setiril..itu kalu iketan y di buka untuk bisa mempunyai keturunan ..bahaya enggak dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang E,

Kontrasepsi merupakan cara yang dipilih ketika pasangan ingin menunda kehamilan, namun ada yang sifatnya sementara dengan penggunaan pil KB, suntik KB, IUD atau ada yang sifatnya permanen dengan cara tubektomi pada wanita atau vasektomi pada pria. Kontrasepsi permanen ini biasanya dilakukan oleh pasangan yang sudah memiliki banyak anak, atau sudah tidak ada niatan untuk menambah anak lagi.

Tubektomi adalah prosedur pengikatan pada saluran indung telur (tuba falopi) sehingga sel telur tidak bisa bertemu dengan sperma sehingga tidak terjadi kehamilan. Bila ikatan ini dibuka dengan harapan bisa hamil kembali, maka tidak ada masalah, namun untuk kemungkinan terjadinya kehamilan biasanya relatif kecil, karena ikatan pada tuba falopi tersebut biasanya menyisakan jaringan parut yang akan menyumbat tuba falopi, sehingga sel telur tidak dapat mencapai rahim untuk dibuahi oleh sperma meskipun ikatan sudah dilepas.

Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter kandungan yang dulu menangani istri Anda, dan menanyakan seberapa besar kemungkinan untuk bisa hamil bila ikatannya dilepas.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memasukkan jari ke vagina mungkin bisa merangsang pasangan, namun perhatikan juga risikonya

Penyebab Keluar Darah Saat Memasukkan Jari ke Vagina dan Cara Mencegahnya

Memasukkan jari ke vagina termasuk salah satu aktivitas seksual yang dilakukan agar suasana bercinta makin menggairahkan. Sayangnya, kegiatan ini kerap berisiko memicu perdarahan pada vagina. Mengapa bisa demikian?