Berbahayakah bila bintik-bintik di kelamin terlanjur dipencet ?

I Info Penanya: I, Wanita, 24 Tahun
Terjadi bintik-bintik di area vagina, dan jika sudah terlanjur dipencet dan pecah, apa yg harus saya lakukan, dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IA,

Bintik-bintik di area kelamin bisa disebabkan oleh folikulitis, furunkulosis, bartholinitis, dll yang semuanya menunjukkan benjolan disertai dengan nanah, hanya lokasi dan ukurannya saja yang berbeda-beda.

Bila bintik-bintik menyerupai jerawat tersebut dipencet dan pecah, maka nanah bisa keluar dan lebih cepat sembuh. Namun bila tangan yang memencet dalam kondisi kotor, maka malah akan semakin infeksi karena kulit menjadi terbuka dan bakteri bisa masuk.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah kompres dengan air hangat, dan gunakan celana yang longgar, bekas luka bisa ditutup dengan kasa atau plester agar tidak bergesekan dengan celana. Namun bila lokasi bekas luka sering basah ketika membasuh, maka jangan lupa untuk selalu mengeringkannya.

Bila benjolan semakin besar, merah, bengkak, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk memastikan penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh I
02 Dec 2019, 22:55
tapi, apabila benjolan2 tersebut mengeluarkan darah saat dipencet, bagaimana dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika tidak ditangani, selulitis dapat menyebar hingga ke dalam darah dan tulang

Kaki Berwarna Merah dan Terasa Nyeri, Awas Bahaya Selulitis Pedis!

Selulitis adalah infeksi bakteri yang menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada kulit. Infeksi ini dapat menyebar dan menimbulkan komplikasi yang lebih berat.