Berbahayakah biji cabe yang terdapat pada feses?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, saya suka sekali makan makanan pedas. Hampir tiap hari makan beranekaragam cabe. Cabe rawit, cabe bubuk, juga cabe ulek. Tapi akhir-akhir ini saya merasa sakit saat BAB. Saat diperhatikan dengan seksama, ternyata saya menemukan biji cabe pada feses. Apa ini penyebabnya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Makanan pedas memang menggugah selera, apalagi di Indonesia terdapat berbagai macam cabe dengan cara yang unik. Selain enak di lidah, cabe juga mengandung zat gizi yang penting bagi kesehatan. Salah satu kandungan cabe adalah vitamin C, yang berperan serta menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

Akibat Terlalu Banyak Makan Cabe

Oleh karena itu, mengonsumsi cabe dalam jumlah yang normal sebenarnya boleh-boleh saja. Tetapi, jika terlalu banyak, akan ada beberapa hal yang mungkin terjadi, yaitu:

  • Memicu terjadinya diare atau buang air besar cair
  • Memperparah kondisi GERD atau maag, bagi mereka yang memiliki penyakit tersebut
  • Menurunkan sensitivitas lidah sebagai indera pengecap
  • Mengganggu siklus tidur
  • Pada orang-orang yang sensitif, cabe tidak bisa tercerna dengan baik

Ada kemungkinan bahwa Anda adalah salah satu orang yang sensitif terhadap cabe, sehingga cabe tidak bisa tercerna dan menyisakan bijinya pada tinja. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi cabe untuk sementara waktu, apalagi dalam jumlah yang berlebihan.

Apabila kondisi Anda tak kunjung membaik, sebaiknya segera periksakan kepada dokter spesialis penyakit dalam ya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan, misalnya cek feses di laboratorium. Setelah itu, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diare termasuk gangguan sistem pencernaan yang paling umum

10 Gangguan Sistem Pencernaan yang Sering Dialami Orang Indonesia

Gangguan sistem pencernaan biasa ditandai dengan sakit perut, sehingga penyebabnya sulit diketahui. Kenali jenis penyakit pencernaan yang umum terjadi di Indonesia agar bisa diatasi dengan cepat.