Berbahayakah Anak Menelan Pasta Gigi?

AD Info Penanya: AD, Wanita, 33 Tahun
Selamat pagi Dokter,Bagaimana jika anak menelan sisa atau busa pasta gigi? Apakah aman? Usianya sudah 4 tahun dan sudah mampu untuk menyikat giginya sendiri. Hanya saja masih belum lancar dan terkadang ada yang tertelan. Saya menggunakan pasta gigi khusus anak untuk dia. Mohon jawabannya karena khawatir menimbulkan efek samping di lain hari, meski sampai sekarang tidak ada gejala apapun. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu ADW,

Bahan yang terkandung dalam pasta gigi yaitu antara lain Fluoride, Triclosan, detergen, kalsium, perasa, pewarna dll adalah bahan yang berbahaya bagi tubuh bila tertelan. Contohnya Fluoride bila tertelan dapat menyebabkan Fluorosis yaitu perubahan warna yang permanen pada gigi apalagi bila anak dalam masa pertumbuhan gigi, seperti gigi berwarna coklat kehitaman dan menetap seumur hidup.

Masalah kesehatan lain akibat menelan pasta gigi dapat menyerupai gejala keracunan dan gejala shock seperti mual, muntah, kejang, diare gangguan usus dan lambung sampai kehilangan kesadaran.

Karena rasa dan bau yang menarik dari pasta gigi yang sengaja dirancang supaya anak-anak tertarik menggosok gigi, hal ini  sering menyebabkan anak tergoda untuk menelan pasta gigi tsb.

Jadi sebaiknya ajarkan dan beri pengertian kepada anak untuk tidak menelan pasta gigi, namun bila  anak belum bisa diberi pengertian sebaiknya hindari memberikan pasta gigi pada anak, cukup menggosok gigi dengan sikat gigi dan air hangat saja.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi mental anak dapat terganggu apabila menjadi korban bullying

Anak Menjadi Korban Bullying di Sekolah, Apa yang Harus Dilakukan untuk Mengatasinya?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak yang menjadi korban bullying, salah satunya dengan menyampaikan bahwa menjadi korban bullying bukanlah kesalahan anak.