Berbahayakah Anak Menelan Pasta Gigi?

AD Info Penanya: AD, Wanita, 33 Tahun
Selamat pagi Dokter,Bagaimana jika anak menelan sisa atau busa pasta gigi? Apakah aman? Usianya sudah 4 tahun dan sudah mampu untuk menyikat giginya sendiri. Hanya saja masih belum lancar dan terkadang ada yang tertelan. Saya menggunakan pasta gigi khusus anak untuk dia. Mohon jawabannya karena khawatir menimbulkan efek samping di lain hari, meski sampai sekarang tidak ada gejala apapun. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu ADW,

Bahan yang terkandung dalam pasta gigi yaitu antara lain Fluoride, Triclosan, detergen, kalsium, perasa, pewarna dll adalah bahan yang berbahaya bagi tubuh bila tertelan. Contohnya Fluoride bila tertelan dapat menyebabkan Fluorosis yaitu perubahan warna yang permanen pada gigi apalagi bila anak dalam masa pertumbuhan gigi, seperti gigi berwarna coklat kehitaman dan menetap seumur hidup.

Masalah kesehatan lain akibat menelan pasta gigi dapat menyerupai gejala keracunan dan gejala shock seperti mual, muntah, kejang, diare gangguan usus dan lambung sampai kehilangan kesadaran.

Karena rasa dan bau yang menarik dari pasta gigi yang sengaja dirancang supaya anak-anak tertarik menggosok gigi, hal ini  sering menyebabkan anak tergoda untuk menelan pasta gigi tsb.

Jadi sebaiknya ajarkan dan beri pengertian kepada anak untuk tidak menelan pasta gigi, namun bila  anak belum bisa diberi pengertian sebaiknya hindari memberikan pasta gigi pada anak, cukup menggosok gigi dengan sikat gigi dan air hangat saja.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain pasta gigi untuk gigi sensitif, Anda dapat menggunakan soda kue untuk mengatasi gigi sensitif

5 Tips Memilih Pasta Gigi Sensitif agar Tidak Salah Pilih

Gigi sensitif terjadi ketika mengonsumsi mimunan panas atau dingin, asam ataupun manis. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan pada enamel gigi Anda. Penggunaan pasta gigi untuk gigi sensitif menjadi solusi untuk mengatasi nyeri yang terjadi. Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride dan kalium nitrat karena keduanya dapat meredakan gigi sensitif. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bahan alami seperti soda kue untuk mengatasi gigi sensitif.