Berbagai macam penyebab penyakit kulit dan cara menghindarinya

LN Info Penanya: LN, Wanita, 2019 Tahun
Dokter apa penyebab penyakit kulit dan bagai mana cara menggindarinya . Lalu jika sudah terkena penyakit kulit apa resep obatnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam LN.

Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Terkait penyakit kulit, banyak kondisi yang perlu diperhatikan seperti

  1. Keluhan yang dirasakan.
  2. Lokasi penyakit kulit.
  3. Durasi terjadinya penyakit kulit.
  4. Hal yang memperberat atau meringankan penyakit kulit tersebut.

Kondisi penyakit kulit dapat terjadi karena berbagai kemungkinan, diantaranya:

1. Alergi atau penyakit autoimun

Alergi dan penyakit auto imun menyebabkan sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap zat dari luar tubuh atau sel sel tubuh sendiri. Gejala yang ditimbulkan beragam dari biduran dan gatal gatal, bengkak pada bagian tubuh tertentu, terkelupasnya kulit, dan kulit melepuh.

2. Gigitan atau sengatan serangga

3. Infeksi kulit oleh bakteri atau virus

Infeksi kulit oleh bakteri atau virus menjadi salah satu penyebab masalah kulit yang sangat sering terjadi. Pada kulit manusia sebenarnya terdapat banyak bakteri yang tergolong tidak berbahaya seperti Staphylococcus, Corynebacterium spp., dan lain lain. 

Biasanya kulit menjadi bermasalah apabila ada faktor resiko seperti adanya luka di kulit yang memungkinkan bakteri dan virus masuk ke kulit, daya tahan tubuh yang lemah, atau mengidap penyakit kronis. 

contoh penyakit kulit akibat infeksi virus antara lain : herpes zoster, Varicella zoster/cacar air, herpes simplex, dan lain lain

contoh penyakit kulit akibat infeksi bakteri antara lain : impetigo, bisul, folikulitis, dan lain lain

4. Infeksi kulit oleh jamur

Infeksi jamur biasanya terjadi pada kulit yang lembab dan tertutup karena jamur sangat mudah tumbuh di lingkungan lembab dan hangat. Umumnya penyakit kulit akibat jamur memerlukan pengobatan yang teratur dan waktu pengobatan yang panjang.

contoh penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur antara lain : panu, tinea pedis, tinea manus, kutu air, dan lain lain.

5. Infeksi Kulit oleh parasit

Infeksi kulit oleh parasit biasanya disebabkan oleh serangga kecil, kutu, atau cacing yang masuk ke dalam kulit yang menimbulkan gatal akibat peradangan karena reaksi tubuh terhadap parasit itu sendiri, atau akibat zat yang dihasilkan parasit tersebut.

contoh penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit antara lain : Scabies, Kutu kepala, cutaneous larva migrans, dan lain lain

6. Mutasi DNA

7. dan lain lain.

Untuk mengetahui penyebab dari penyakit kulit, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter umum atau ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat diwawancarai lebih lanjut mengenai keluhan Anda dan juga dapat dilakukan pemeriksaan langsung pada kulit. Penyebab yang berbeda tentunya memerlukan penanganan yang berbeda.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit kulit, antara lain 

  1. Hindari terpapar cahaya matahari dalam jangka waktu yang lama
  2. Tidak menggaruk garuk kulit yang gatal secara Berlebihan.
  3. Selalu jaga kebersihan kulit dengan membiasakan cuci tangan dan mandi minimal dua kali sehari.
  4. Jaga kesehatan kulit dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak Vitamin E, Vitamin C, protein, dan lemak sehat seperti Wortel, tomat, ikan, dan brokoli.
  5. Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol.
  6. Olahraga teratur.
  7. Istirahat cukup.
  8. Hindari stres.

Beberapa hal yang perlu diwaspadai pada penyakit kulit adalah benjolan di kulit yang semakin banyak atau meluas. Kulit yang melepuh secara menyeluruh secara tiba tiba, atau infeksi kulit yang parah. Apabila Anda mengalami hal tersebut, segera periksakan diri Anda ke dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,
dr. Sandy Aditya Pradana

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Eritrasma berisiko diidap oleh orang-orang yang tinggal di tempat hangat dan lembap.

Kenali Penyebab dan Gejala Eritrasma, Penyakit yang "Bersarang" di Lipatan Tubuh

Penderita eritrasma jangan khawatir. Kondisi yang menyerang lipatan kulit ini, dapat disembuhkan dalam waktu 2-4 minggu. Maka dari itu, pahami cara mencegah dan pengobatannya.