Payudara mengeluarkan cairan putih, berbahayakah ?

RP Info Penanya: RP
Siang dr...Saya mau tanya saya belum menikah Tiba2 payudara saya mengeluarkan cairan puti.. itu kenapa iya dr? Berbahaya kah? Apa yg harus saya lakukan?? Tx
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RP.

Payudara mengeluarkan cairan putih merupakan keadaan yang dapat terjadi karena berbagai faktor, salah satunya pada Ibu menyusui. Adapun keaadaan saat payudara mengeluarkan cairan diluar kondisi menyusui yang dikenal dalam bahasa medis sebagai galaktore.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan keadaan galaktore, diantaranya adalah :

  • penggunaan kontrasepsi hormonal khususnya pil KB
  • gangguan hormonal
  • kista payudara
  • infeksi pada payudara seperti abses, umumnya disertai gejala nyeri, terdapat benjolan dan warna kemerahan di sekitarnya
  • mengalami cedera, trauma atau benturan
  • efek samping penggunaan obat tertentu
  • tumor pada payudara
  • keganasan atau kanker payudara

Mengenai keluhan yang Anda alami, untuk mengatahui dengan pasti penyebabnya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dan lebih mendalam oleh dokter ahli secara langsung. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik yang dilanjutkan dengan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan darah, USG dan lain-lainnya, jika memang dibutuhkan. 

Untuk sementara Anda perlu memperhatikan keadaan payudara Anda, untuk memastikan apakah keluhan berlanjut, dana adakah gejala penyerta lainnya. Anda pun dapat melakukan pemeriksaan SADARI untuk menilai ada tidaknya benjolan pada payudara Anda.

Jika keluhan berlanjut disertai adanya benjolan, demam, perubahan bentuk payudara dan kulit disekitarnya menyerupai kulit jeruk, segeralah memeriksakan diri.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Suntik silikon payudara memiliki efek jangka panjang yang negatif

6 Efek Samping Suntik Silikon Payudara yang Mungkin Muncul

Ada banyak alasan yang mendasari seorang perempuan berani melakukan suntik silikon payudara atau prosedur lain untuk mengubah ukuran payudaranya. Mengingat efek samping yang bisa menyertai, keputusan ini harus diambil matang-matang dengan pertimbangan atas segala konsekuensinya. Jika tidak, bisa menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan.