Berat janin di usia kehamialn 35 minggu

MA Info Penanya: MA, Wanita, 24 Tahun
Sore dokter.. Mau nanya dok. Berat janin di usia kehamilan 35 mngg berapa ya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MA,

Berat janin di usia kehamilan 35 minggu dapat beragam dimana diharapkan berat janin di usia kehamilan 37 minggu sudah lebih dari 2500 gram. Berat janin di usia kehamilan 35 minggu sendiri dapat berkisar lebih dari 2400 gram dan panjang sekitar 43 centimeter. Dimana jika berat badan janin kurang dari itu maka perlu perhatian khusus pada asupan nutrisi agar segera bisa mengejar berat badan dan menghindari lahir dengan berat badan lahir rendah dari 2500 gram.

Memasuki usia kehamilan 37 minggu dimana kehamilan sudah memasuki masa aterm atau sudah matang dan siap dilahirkan ibu akan mengalami beberapa hal seperti salah satunya adalah kontraksi palsu. Untuk itu perlu dilakukan persiapan khusus menjelang persalinan baik ibu hamil ataupun suami sehingga bisa lebih siaga jika sewaktu-waktu tanda persalinan timbul. Lakukan kontrol pada dokter ahli kandungan atau bidan seminggu sekali saat memasuki bulan kesembilan kehamilan sehingga bisa memantau dan mempersiapkan metode persalinan yang akan diambil nantinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi tertentu membuat ibu hamil memerlukan tes NIPT untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin

Perlukah Ibu Hamil Melakukan Tes NIPT untuk Mengetahui Kelainan Kromosom Janin?

Non-invasive prenatal testing atau tes NIPT adalah pemeriksaan kehamilan yang digunakan untuk menunjukkan kelainan kromosom tertentu pada janin yang sedang berkembang. Tes ini dapat melihat kelainan kromosom pada janin.