03 Nov 2020, 11:19Penyakit Lainnya

Bagaimana penggunaan susu BBLR pada bayi prematur?

S
Info Penanya: S0
dok, bayi saya kahir usia kehamilan 36 minggu & lahir dengan BB 2,1kg, skrg usia 1bulan3minggu bb nya 3,4kg , apakah boleh diganti dgn sufor biasa (baby normal), jika ttp sufor khusus untuk waktunya sampai berapa lama dok? terimakasih
358 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, STerima kasih atas pertanyaannya.Bayi lahir dengan berat rendah adalah ketika lahir berat bayi kurang dari 2500 gram.  Apabila terjadi kondisi ini dinamakan berat bayi lahir rendah (BBLR).  BBLR itu sendiri dapat terjadi pada kelahiran prematur atau kurang dari 37 minggu atau bayi cukup bulan tetapi ada gangguan perkembangan saat berada di kandungan. 

Hal yang perlu diperhatikan saat bayi prematur dan lahir dengan berat rendah :

  • Pemberian ASI tetap diutamakan sebagai nutrisi terpenting bagi bayi prematur. ASI diberikan setiap 2-3 jam sekali. 
  • Karena bayi belum bisa diberikan makanan tambahan, maka ibu sebaiknya menambah asupan nutrisi untuk menjaga kualitas ASI yang maksimal. Menghindari stress, istirahat cukup serta menghindari paparan asam rokok juga membantu menambah nutrisi ASI.
  • Menghindari bayi untuk bertemu dengan bukan keluarga inti. Gunanya mencegah penularan infeksi karena bayi prematur lebih rentan dibanding bayi biasanya.
  • Rutin melakukan pemeriksaan di posyandu atau fasilitas kesehatan lainnya guna mengetahui perkembangan dan pertumbuhan bayi.
  • Pemberian susu tinggi kalori jika memang diperlukan.
Perihal yang anda tanyakan, sampai kapan susu BBLR digunakan bergantung pada perkembangan berat bayi anda.  Pada bayi prematur, usia yang dipakai adalah usia koreksi sehingga bayi anda usia kronologis 7 minggu dikurangi 4 minggu sehingga saat ini berusia 3 minggu.  Pada usia 3 minggu dengan berat 3400 gr maka tergolong sudah baik dan bisa diganti dengan susu formula biasa.  Alangkah baiknya lagi tetap lakukan pemeriksaan berkala ke dokter anak dalam melihat perkembangan bayi selanjutnya.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
tumbuh kembang bayiasi eksklusifbayi prematurberat badan bayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil