Berat badan yang kurus akibat kebiasaan buruk

M Info Penanya: M, Pria, 22 Tahun
Dok saya ingin bertanya, mengenai berat badan saya yang kurus akibat kebiasan buruk saya , seperti merokok, begadang , dan menggunakan narkoba. bagaimana solusi yang cepat dan ampuh untuk menaikan berat badan saya juga menghilangkan kebiasan buruk saya dok ! TERIMA KASIH
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi M,

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang saat ini ada dapat menimbulkan serangkaian gangguan baik secara fisik dan mental dimana merokok, begadang dan konsumsi narkoba tidak hanya memberi efek buruk pada organ-organ tubuh tetapi juga merusak kemampuan pikir seseorang.

Kecanduan obat terlarang merupakan salah satu yang paling berbahaya karena tidak saja memiliki risiko kesehatan tetapi juga risiko hukum yang dapat menjerat. Penggunaan obat terlarang dapat menimbulkan sejumlah kerusakan pada tubuh seperti kerusakan otak, masalah jantung, kerusakan gigi dan mulut, gangguan psikologis seperti menjadi paranoid, merasakan halusinasi, cemas, depresi dan lainnya.

Untuk itu sebelum memperbaiki kondisi badan yang kurus ada baiknya untuk mengatasi terlebih dahulu permasalahan kecanduan obat terlarang. Lakukan konsultasi pada dokter ahli psikiatri agar dilakukan langkah penanganan untuk melepaskan jerat narkoba sehingga bisa menjalankan hari-hari lebih baik dan juga memperbaiki kondisi kesehatan. Nantinya dapat dilakukan penanganan seperti rehabilitasi. Jangan lupa juga untuk meminta bantuan keluarga dan orang terdekat agar memberi motivasi untuk dapat mengatasi kebiasaan yang tidak baik tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri penyakit paru-paru dapat Anda kenali, termasuk sesak dada dan batuk berdahak

Aktif Merokok? Waspadai Ciri-ciri Penyakit Paru-Paru Ini

Ada banyak ciri-ciri penyakit paru-paru obstruktif kronis, termasuk sesak dada, batuk berdahak, kaki dan betis membengkak, dan jantung berdetak cepat. Kenali cirinya, jauhi rokok Anda.