26 May 2021, 00:26Penyakit Lainnya

Cepat merasa lelah dan sering mengantuk, apakah gejala anemia ?

PI
Info Penanya: PI0
Dok tinggi saya 157 tapi berat badan saya 36 dan saya cek ternyata kondisi tubuh saya ini masuk kategori tidak normal. Apakah saya kurang gizi? Hal ini saya alami sejak kecil hingga dewasa sekarang usia 28 tahun. Kondisi tubuh saya ini membuat saya sering kena penyakit. Berbagai macam penyakit sudah saya alami hingga sekarang. Hal parahnya lagi sekarang saya cepat merasa lelah dan lemas dengan aktivitas yang ringan. Saya pun mengalami gangguan tidur yaitu sering mengantuk
121 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, P. Memiliki berat badan ideal, tinggi badan sepadan dengan berat badan yang ada, tidak hanya membuat seseorang percaya diri, namun juga baik dalam segi kesehatan karena organ tubuh berfungsi dengan optimal.

Bagaimana cara mengukur berat badan ideal ?

Anda dapat mengukur berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan menggunakan kalkulator BMI online. Anda juga dapat mengukur secara manual dengan cara membagi berat badan dalam kg dengan tinggi badan dalam meter kuadrat. Jika dihitung berat badan ideal Anda, 36 kg : 1,57 m kuadrat = 14, 63., termasuk kategori kurus.Tubuh yang kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu atau menyebabkan tubuh terserang berbagai penyakit karena nutrisi yang kurang membuat imun tubuh berkerja tidak efektif. Tubuh yang kekurangan nutrisi juga membuat penyembuhan menjadi lebih lama. Keluhan yang Anda alami dimana sering terserang berbagai penyakit harus diatasi dengan baik sesuai penyebabnya. Selain mengatasi penyakit, Anda juga perlu mengubah pola hidup dan pola makan yang lebih sehat. Pastikan makanan yang Anda makan memiliki kadar gizi yang baik, terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, serat. Makan setiap 3 jam dengan cemilan tinggi kalori seperti kentang, roti dicampur susu, dan pergedel. Rasa lelah dan lemas saat aktifitas, sering mengandtuk yang Anda rasakan bisa merupakan gejala anemia. Untuk mengatasi anemia, konsumsi sayuran berwarna hijau, daging, hati ayam, kacang-kacangan dan suplemen penambah darah. Jangan lupa untuk periksa kesehatan Anda secara menyeluruh di dokter penyakit dalam dan konsultasi berat badan dengan dokter gizi.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
berat badan idealtambah berat badanpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil