logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo

Penyakit Lainnya

Bagaimana solusi agar badan tidak kurus?

29 Mar 2021, 23:50

JD

Info Penanya: JD

Selamat malam, dok mau tanya. Berat badan saya dari sd - kerja sekarang masih tetap kurus dok, sudah makan bolak balik juga tetap saja. Tahun kemaren sudah minum obat cacing juga ga ad cacing yg keluar. Solusi biar saya ga kurus lagi gimana dok?

Dilihat 599

0 Komentar

SehatQ Logo

Dijawab oleh dr. Farahdissa

(1)

Selamat malam, JD

Terima kasih atas pertanyaannya.

Menentukkan berat badan ideal perlu dilakukan perhitungan indeks massa tubuh.  Normalnya indek masa tubuh berada pada rentang 18,5-24.9.  Ketika indeks masa tubuh kurang dari 18,5 dikatakan kurus. 

Badan kurus kebanyakan menjadi tujuan orang dengan badan berlebih padahal seharusnya tujuan penurunan dan peningkatan berat badan adalah mencapai berat badan seimbang.  Badan kurus dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri karena merasa ringkih dan seperti penyakitan. 

Penyebab badan kurus :

  • Faktor genetik atau keturunan.
  • Malnutrisi yang artinya asupan makanan yang masuk kurang mengandung nutrisi dan gizi yang mencukupi
  • Memiliki hipertiroid yaitu penyakit yang menyerang tiroid sehingga kadar hormon tiroid berlebih yang menyebabkan metabolisme terjadi lebih cepat dan lebih cepat membakar kalori.
  • Infeksi saluran pencernaan yang ditandai dengan sering diare.
  • Gangguan pola makan.

Beberapa tips dalam meningkatkan berat badan :

  • Fokus pada membentuk otot sehingga peningkatkan berat badan bukan karena lemak berlebih tetapi juga massa otot. Olahraga seperti berenang, weigh training.
  • Porsi makan lebih sedikit tetapi dengan waktu yang lebih sering dapat membantu menambah kalori tanpa perut terasa sangat penuh karena terlalu banyak makan.
  • Pilih makanan tinggi kalori.
  • Tambahkan suplemen protein atau susu yang mengandung protein tinggi.
  • Hindari minum sebelum makan jika tidak bisa makan dalam jumlah besar.

Ketika cara ini tidak juga berhasil, anda dapat konsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk pengaturan pola makan yang baik.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Farah

olahragamakanan sehatmakanan pembentuk ototberat badan idealmenggemukkan badantambah berat badan

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Beri Komentar

Butuh beberapa saat untuk menampilkan komentarmu.

Diskusi Terkait di Forum

Article Terkait

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved