13 Mar 2021, 23:34Penyakit Lainnya

Berat badan bagaimana menurunkannya?

KT
Info Penanya: KT0
Maaf dok saya kan masih umur 14 an.Berat badan saya hampir 55 itu udh ngelebihin berat badan tmn-temen saya.Saya mau coba diet dgn cuma makan sayur,buah dan makanan sehat lain nya.Tapi saya kan masih makan bareng orang tua jadi tidak bisa milih-milih makanan.Jadi gimana solusi nya dok agar berat badan saya turun?
165 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang KT,Berat badan yang ideal tentu dambaan setiap orang. Selain untuk menunjang penampilan, berat badan yang ideal tentu berkaitan dengan kesehatan Anda. Tentunya orang yang kurus akan lebih sehat bila dibanding dengan orang yang kegemukkan.Perihal berat badan Anda yang 55 kg, maka perlu diinfokan berapa tinggi Anda? Bila memang berat badannya berlebihan maka Anda perlu mengatur pola makan Anda. Hindari diet secara ekstrim karena di usia Anda yang masih 14 tahun tentunya memerlukan asupan nutrisi yang baik untuk menunjang tumbuh kembang Anda.

Tips menurunkan berat badan:

  • Banyak makan sayur dan buah agar tidak mudah lapar.
  • Hindari gorengan dan makanan berlemak.
  • Semua boleh dimakan selama dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Jadi Anda tetap dapat mengonsumsi telur rebus atau ayam kukus. Hindari makanan yang banyak minyaknya seperti soto, rawon.
  • Makan nasi 100 gram setiap porsinya.
  • Wajib olahraga setiap hari selama 30-60 menit, lakukan secara bertahap.
  • Jangan bergadang.
  • Hindari snack atau keripik.
Berat badan diturunkan secara perlahan-lahan, jangan turun dalam jumlah banyak sekaligus. Lakukan pemeriksaan ke dokter gizi bila orang tua Anda bingung mengatur menu untuk Anda.Salam sehat,dr. Vina
obesitaskelebihan berat badanzat gizi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil