Berat Badan Normal Bayi Usia Lima Bulan

SU Info Penanya: SU, Wanita, 27 Tahun
Halo dok, anak laki-laki saya yang berusia lima bulan memiliki berat badan seberat delapan kilogram. Kira-kira apakah berat badan anak saya sudah normal? Selain itu, kalau anak saya BABnya hanya dua hari sekali, apakah hal tersebut normal? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu SU,

Berat Badan normal untuk bayi berusia 5 bulan adalah 6 kg sampai 8 Kg. Jadi 8 Kg adalah batas tertinggi untuk berat badan normal, selebihnya akan dikategorikan sebagai gizi lebih.

Untuk mengetahui Berat Badan dan perkembangan bayi, Ibu dapat peroleh pada KMS (Kartu menuju Sehat). KMS dapat diperoleh dengan gratis di Bidan dan Puskesmas terdekat di tempat tinggal Ibu.

Normalnya bayi akan BAB sehari satu sampai dua kali, tergantung dari susu dan makanan yang diberikan kepadanya. Bila bayi terlihat mengedan dan kolik diperut akibat tidak bisa BAB, sebaiknya segera konsultasikan dengan Dokter Spesialis Anak terdekat. Namun bila bayi terlihat biasa saja dan nyaman dengan BAB yang hanya sekali dalam 2 hari, maka mungkin saja ini merupakan kondisi yang normal untuk bayi. Karena BAB sifatnya individual, setiap bayi belum tentu memiliki kebiasaan BAB yang sama. Bila Bayi Ibu minum susu formula, perhatikan takaran yang diberikan, jangan terlalu kental karena dapat menyebabkan sulit BAB. Berikan takaran sesuai dengan aturan pada  susu formula tersebut.

Pada usia 5 bulan, sebaiknya bayi masih diberikan ASI dan tambahan susu formula. Banyak praktisi kesehatan anak sepakat bahwa waktu terbaik untuk memulai makanan padat pada bayi adalah di atas usia 6 bulan,bahkan sampai umur 9 bulan. Bayi dapat diperkenalkan dengan jus buah seperti jeruk dan tomat. Namun bila bayi belum siap, dan menolak jus sebaiknya dihentikan saja.

Kontrol teratur di Bidan atau Dokter Spesilasi Anak terdekat, dan jangan lupa berikan imunisasi wajib untuk bayi sampai usia anak 5 tahun.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak atau bayi yang terpapar bakteri justru memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik

Berlebihan Menjaga Kebersihan Justru Membuat Anak Mudah Sakit

Melarang anak untuk main keluar karena takut kotor ternyata bisa jadi bumerang bagi orang tua. Pasalnya, teori Hygiene Hypothesis menyebutkan bahwa bakteri baik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Jika anak Anda terpapar bakteri-bakteri yang ada di lingkungan sekitar, sistem imunnya belajar untuk beradaptasi dan mengatur perlindungan yang diperlukan. Hal itu dapat menurunkan risiko alergi dan asma di kemudian hari. Walaupun begitu, anak Anda harus tetap menjaga kebersihan agar ter