TANYA DOKTER

Berat Badan Kurang pada Wanita Muda. Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Team SehatQ

Dijawab oleh: dr. Andre Zaini

Selamat Sore, DW

Perhitungan BMI (perbandingan tinggi dan berat badan) anda adalah 17.6. Ini termasuk kategori kurang berat badan. Bila anda cukup aktif, minimal anda memerlukan 2400 kalori tiap harinya. Ada beberapa hal yang perlu anda tanya pada diri sendiri.

- Apakah anda merasa sakit? Karena ada kemungkinan adanya suatu kondisi klinis yang mengakibatkan berat badan anda rendah. Misalnya hipertiroid.

- Apakah anda kesulitan untuk mencari waktu agar dapat makan sehat, seimbang secara rutin?

- Apakah anda kehilangan nafsu makan, mungkin akibat stres atau cemas?

- Apakah anda memang sengaja ingin mengurangi berat badan?

 

Kelainan pola makan

Jika anda merasa cemas ketika memikirkan makanan, atau sedang merasa stres, atau sedang tidak percaya diri dan mempengaruhi cara anda makan. Kemungkinan anda memiliki kelainan pola makan. 

 

Kenapa berat badan kurang bisa menjadi masalah 

- defisiensi nutrisi misalnya Kalsium untuk kesehatan tulang, akibatnya bisa osteoporosis. Atau kurang zat besi/anemia, mengakibatkan anda merasa mudah lelah dan capek.

- daya tahan tubuh terganggu, akibatnya mudah flu atau terkena infeksi lainnya.

- masalah kesuburan, efeknya sampai tidak datang bulan.

 

Cara Meningkatkan Berat Badan dengan Aman

- Target menaikkan berat badan secara bertahap

- Jangan mengandalkan makanan tinggi kalori, berlemak dan tinggi gula seperti coklat, kue atau minuman manis. Karena hanya menambah kadar lemak dan bukan massa tubuh serta meningkatkan resiko tinggi kolesterol dalam darah. 

- Makan 5 porsi buah dan sayurannya tiap harinya

- Bahan dasar makanan dengan kentang, roti, nasi atau pasta

- Produk susu sapi atau alternatifnya seperti yoghurt atau soya.  Minum susu full cream sampai berat badan kembali

- Protein seperti kacang-kacangan, telur, daging dan ikan. 2 porsi ikan tiap minggu salah satunya yang berminyak seperti salmon atau mackerel.

- Banyak minum air putih, tapi jangan sebelum makan supaya tidak merasa kenyang.

- Makanan yang tinggi lemak, garam atau gula, cukup dalam jumlah kecil dan tidak usah terlalu sering.

 

Tips meningkatkan asupan kalori 

- Sarapan, bubur dengan susu full fat. Roti pakai selai kacang.

- Bawa milkshake ke tempat kerja, tambah bubuk susu untuk tambahan protein dan kalori

- Ngemil puding, yoghurt dan kacang bebas garam

 

Semoga saran saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

0 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

Kirim
Back to Top