Berat badan bertambah dengan cepat

JK Info Penanya: JK, Wanita, 21 Tahun
Selamat sore dokter... Saya wanita, berumur 22 tahun.. gini dok, saya makin hari berat badan saya makin nambah dok, bulan kemarin pas nimbang 65 dan sekarang udah naik aja menjadi 72.. klu dari segi makan saya juga ngk trllu banyak.. dan juga satu lagi dok datang bulan saya juga jarang kadang ada skli 3 bulan bahkan ada sampai 6 bulan..ini udah dari saya SMP seperti ini dok..jadi gmna solusi terbaik nya dok..Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang

Terima kasih atas pertanyaannya

Berat badan yang naik secara cepat dapat disebabkan oleh :

  1. Pola makan tidak sehat

Konsumsi makanan tidak sehat seperti junk food, makanan yang mengandung banyak tepung, manis berlebihan, akan menyebabkan penumpukan kalori berlebih dalam tubuh. Apabila tidak diimbangi dengan aktivitas olahraga, maka akan terjadi kenaikan berat badan

2. Kurang tidur

Kurang tidur dapat membuat metabolisme pembakaran lemak melambat. Hal ini tentu berpengaruh pada berat badan

3. Polycystic ovarian syndrome (PCOS)

PCOS merupakan kelainan bawaan yang disertai dengan gejala kenaikan berat badan, haid tidak teratur, jerawat di wajah dan punggung, hingga meningkatnya kolesterol darah. Diagnosa PCOS harus ditegakkan lewat dokter spesialis kandunga dan melalui pemeriksaan lebih lanjut.

4. Gangguan tiroid

Apabila kadar hormon tiroid dalam tubuh rendah, maka metabolisme tentu melambat, dan badan cenderung gemuk

Kondisi Anda sebaiknya dikonsultasikan ke dokter terkait agar dilakukan pemeriksaan lanjutan. Tetap jalankan gaya hidup sehat dan berolahrga minimal 3 kali dalam seminggu selama 30 menit. Anda juga dapat membaca artikel Cara diet sehat.

Salam sehat,

dr. Christine V

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.