Berat badan bayi usia 8 bulan kurang dari normal, apa yang harus dilakukan?

S Info Penanya: S, Wanita, 1 Tahun
Dok, anak saya usia 8 bulan tapi BBnya cuma 6kg,, Dia gak mau makan bubur bikin cuma mau bubur kemasan Gak mau sufor & ini full ASITapi, anaknya aktif, duduk udh tegak, udh bisa berdiri & udh tumbuh gigi,Mohon solusinya, terimakasih??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Berat badan bayi merupakan faktor yang  penting untuk menilai tumbuh kembang bayi tersebut. Menurut WHO, pada bayi usia 8 bulan, jika berjenis kelamin laki-laki, berat badan berkisar antara 6,9-10,7 kg dengan berat ideal 8,6 kg. Sedangkan pada bayi berjenis kelamin perempuan, berat badan berkisar 6,3-10 kg dengan berat badan ideal 8 kg.

Kondisi yang terjadi pada bayi Anda ini adalah berat badan bayi Anda dibawah rata-rata dan dikhawatirkan akan mengganggu tumbuh kembangnya kelak. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi berat badan di bawah normal padai bayi usia 8 bulan, yaitu faktor kesehatan seperti cerebral palsy, infeksi, sindrom down, anemia, penyakit jantung bawaan, dan kesulitan dalam mengkonsumsi ASI atau MPASI. 

Tips agar bayi dapat mencapai berat badan ideal

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar bayi Anda dapat mencapai berat badan ideal, yaitu:

  • Berikan ASI. 
  • Berikan MPASI. MPASI yang dapat diberikan yaitu: buah-buahan (pisang, alpukat, mangga, labu, apel, persik, dan pir), sayuran (brokoli, wortel, kentang, dan ubi), makanan yang tinggi protein (daging, tahu, kacang-kacangan), makanan yang kaya dengan zat besi (daging, sereal, gandum), yogurt tanpa pemanis, keju, pasta, mie, dan roti. 
  • Berikan MPASI 3x sehari dengan diselingi pemberian cemilan. 
  • Pastikan MPASI bertekstur lembut sehingga mudah untuk ditelan. 

Selain itu, Anda juga harus tetap melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter anak agar tumbuh kembang anak Anda dapat terpantau dengan baik. 

Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh S
23 Jun 2020, 13:21
Jawabannya tidak muncul
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
24 Jun 2020, 16:41
Selamat sore, S.
Maaf mungkin bisa lebih dijelaskan perihal yang Anda maksud ya.
Dibalas oleh S
24 Jun 2020, 17:43
MPASI sudah saya berikan tp baby nya gak mau,, jd dia cuma konsumsi makanan kemasan & ASISufor juga dia gak mau
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
25 Jun 2020, 14:14
Selamat siang,
Jika anak tidak mau makan atau sulit memberikan asupan sehingga berat badannay kurang maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter ahli gizi. Apabila gizi kurang maka perlu dilakukan penanganan lebih intensif, nantinya akan diberikan susu tinggi protein dan juga makanan tambahan untuk mengejar berat badan agar sesuai dengan usianya. Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat buah melon dapat dirasakan oleh siapa saja, termasuk ibu hamil

8 Manfaat Buah Melon yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Manfaat buah melon dapat dirasakan oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Namun, ada kondisi tertentu yang harus diperhatikan oleh ibu hamil sebelum mengonsumsi melon.