Berat Badan Anak Tidak Bertambah

D Info Penanya: D, Wanita, 24 Tahun
Dok saya mau tanya, anak sy lahir 3kg tiap bulan masih bayi naik. Tp diusia 8bln dia 7kg sampai sekarang 18bln masih 7kg, makan mau, ngemil buah, susu juga mau to knp BB seret yah dok, itu knp yah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, D

Kebanyakan anak-anak bertambah berat dan tumbuh dengan cepat saat usia dini. Bila ada kegagalan bertambah berat perlu diperhatikan apakah disertai dengan pertumbuhan tinggi yang juga kurang. Biasanya anda diberikan grafik pertumbuhan oleh dokter anak anda. Bisa diperhatikan posisi saat ini dibanding sebelumnya apakah masih dalam batas normal atau kurang.

Beberapa penyebab berat badan tidak bertambah, termasuk kondisi penyakit tertentu atau gangguan makan. Ini merupakan tanda anak kekurangan zat gizi, karena ketidakmampuan menerima, menyimpan atau menggunakan kalori yang membantu mereka tumbuh dan bertambah berat badannya.

Pertumbuhan berat badan dan gizi ini menandakan juga pertumbuhan otak dan kecerdasan bayi. Bila terus berlanjut dapat menghambat perkembangannya :

- kurang tanggap dengan lingkungan

- menghindari kontak mata

- menjadi rewel

- tidak mencapai titik perkembangan seperti duduk, berjalan atau bicara pada usia umumnya

Saran saya segera konsultasi dengan Dokter Spesialis Anak terutama dengan keahlian Tumbuh Kembang Anak

Semoga saran saya bermanfaat

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk mengurangi risiko rewelnya Si Kecil saat naik pesawat, pilihlah jam penerbangan di pagi hari.

Perhatikan Hal Berikut Ini Saat Mengajak Bayi Naik Pesawat

Membawa bayi berpergian naik pesawat memang membutuhkan persiapan ekstra. Kekhawatiran bayi akan rewel, membuat Anda perlu memperhatikan posisi kursi pesawat, hingga isi tas bawaan Anda.