Bagaimana cara yang tepat menimbang berat badan anak?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 26 Tahun
Dok,Anak saya usia 5bulan 5hari, waktu lahir berat badannya 2.9kg, alhamdulillah full asi. cuman sekarang² dia nyusunya agak males²an, bulan kmarin BBnya cuma naik 4ons, Jadi 5.6kg. bulan ini belum ke posyandu lagi karna libur, bidan pun belum menerima, ke DSA jauh, Jadi saya cobain timbang pake timbangan digital dirumah, pertama saya timbang saya sendiri BB 56.50Kg, dan pas ditimbang berdua BBnya 62.30kg, berarti BB 5.8kg berarti hnya naik 2ons apa akurat klo ditimbang seperti itu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SA.

Bayi adalah masa terjadinya pertumbuhan dan perkembangan dalam siklus hidup manusia. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemantauan apakah tumbuh kembang bayi optimal atau tidak. Pemantauan dilakukan dengan cara memonitor tinggi atau panjang badan, berat badan, kemampuan motorik dan sensorik, dan lain-lain. 

Terkait kondisi bayi Anda, berat badan bayi Anda saat lahir, yaitu 2900 gram adalah normal. Pada usia lima bulan, biasanya bayi laki-laki memiliki berat badan 6-9.5 kg, dan bayi perempuan 5.5-9 kg. Setiap bayi ditimbang, petugas akan mencatat berat tersebut di kurva yang telah disediakan, agar bisa dipantau dan diberikan saran jika bayi mengalami berat badan yang abnormal.

Tetapi, sebaiknya, dalam memonitor berat badan bayi perlu diperhatikan beberapa hal. Misalnya, penggunaan timbangan yang sama akan membuat hasil yang lebih akurat. Selain itu, usahakan agar bayi menggunakan jenis pakaian yang sama, agar berat badan tidak dipengaruhi oleh berat pakaian. Bayi juga sebaiknya dalam kondisi tenang dan tidak menangis saat ditimbang.

Oleh karena itu, berat badan bayi pada saat Anda menimbangnya di timbangan digital dapat berbeda dengan hasil timbangan posyandu. Tetapi, metode yang Anda lakukan, yaitu mengurangi hasil timbangan berdua dengan berat badan Anda sendiri tergolong cukup akurat. Jika Anda ingin menggunakan timbangan digital Anda terus-menerus, metode ini boleh saja dilakukan ya.

Anda juga bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis anak untuk mengetahui status tumbuh kembang bayi Anda.

Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika tidak segera ditangani, tumbuh kembang anak akan terganggu akibat hidrosefalus

7 Gangguan Tumbuh Kembang Anak Akibat Hidrosefalus

Hidrosefalus adalah penumpukan cairan CSF di otak. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak dan kerusakan otak jika tidak segera ditangani.