12 Oct 2019, 13:25Kandungan

Berapakah usia kehamilan saat ini

AA
Info Penanya: AA, Wanita, 29 Tahun
Asalamualaikum dok. Perkenalkan nama saya Arum. Yang mau saya tanyakan Berapakah usia kehamilan saya, Dari HPHT saya 27 Agustus 2019 Sementara siklus haid saya 39 Dan saat ini sudah tgl 12 Oktober 2019. Terimakasih sebelumnya
32839 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. M. Anugerah Yusro
(0)
Wa'alaikumsalam wr. wb.Selamat malam, AA.Terimakasih sudah bertanya di aplikasi SehatQUsia kehamilan bisa dihitung dengan 2 cara :
  • Perhitungan HPHT : melalui perhitungan manual dengan hari pertama haid terakhir (HPHT) hanya dapat dipercaya jika siklus menstruasi Anda teratur dalam 6 siklus terakhir. Jika siklus Anda teratur maka saat ini usia kehamilan Anda sekitar 6 minggu. Perhitungan ini dihitung dari haid hari pertama, bukan dari sejak pembuahan. 
  • Berdasarkan USG : metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama haid terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dapat dipercaya. Menggunakan pemeriksaan USG, tingkat akurasinya dapat mencapai 95%. Cara ini memperkirakan tanggal kelahiran berdasarkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Perkiraan kelahiran ini akan lebih akurat pada pemeriksaan USG di trimester kedua dan ketiga karena ukuran janin sudah lebih besar sehingga lebih mudah untuk melakukan pengukuran dan gambar janin terlihat lebih jelas di layar monitor. 
Pada usia kehamilan 6 minggu jika dilihat dengan USG akan tampak kantong kehamilan saja dan belum terlihat janin di dalamnya. Pemeriksaan kantong kehamilan ini sangat penting untuk memastikan apakah sel telur yang berhasil dibuahi oleh sel sperma benar melekat di rahim dan tidak melekat pada bagian lain yang dinyatakan dengan kondisi kehamilan yang tidak normal. Akan tetapi beberapa ibu hamil dalam pemeriksaan USG nya belum menunjukan apapun termasuk kantong kehamilan. Kondisi tersebut bisa jadi merupakan keadaan yang normal ketika terjadi penebalan dinding rahim dan biasanya dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan kondisi kantong kehamilan yang belum terlihat, dokter biasanya tidak akan langsung mendiagnosis bahwa ibu tidak hamil namun menunggu beberapa minggu lagi untuk pemeriksaan ulang.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Anugerah
kehamilantrimester pertama kehamilanpemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil