22 Mar 2021, 23:23Kepala

Berapa usia yang ideal untuk tindik telinga bayi ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dokter, anak saya baru lahir satu minggu dan dianjurkan untuk langsung ditindik telinganya. Memangnya, ideal tindik telinga bayi itu diusia berapa? Mengapa harus sedini mungkin?
210 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Sl.Pasangan muda yang baru memiliki anak, terlebih tinggal jauh dari kedua orangtua dan mertua, membuat pasangan harus mengurusi anak sendiri dimana pengalaman masih minim, sehingga binggung apa yang harus dilakukan terhadap anak, termasuk kapan sebaiknya memberikan anting kepada anak perempuan. 

Berapa usia yang ideal untuk tindik telinga bayi ?

Tindik telinga bertujuan untuk mempercantik bayi, memperjelas identitas, dan merupakan budaya yang diikuti masyarakat sejak lama. Beberapa pasangan memilih menindik anak mereka sedini mungkin, bahkan beberapa hari setelah lahir. Namun bagaimana pendapat medis tentang menindik telinga bayi ? Usia berapa yang ideal untuk tindik telinga bayi ? Yuk lihat syarat yang sebaiknya diikuti jika ingin menindik anak sebagai berikut :
  • Umur bayi sebaiknya diatas 6 bulan dimana sistem imun tubuh bayi berkerja lebih optimal melawan infeksi.
  • Orang yang melakukan tindik adalah orang yang mengerti tentang sterilisasi alat tindik seperti dokter, bidan maupun perawat.
  • Menggunakan anting yang tidak menimbulkan alergi, iritasi, dan berbentuk minimalis sehingga risiko untuk menusuk telinga dan kulit bayi semakin kecil.
  • Selalu bersihkan tindikan bayi sebanyak minimal 2 kali dalam sehari menggunakan povidone iodine atau cairan steril kemudian segera keringkan.
  • Hindari melepas pasang anting agar lubang tidak tertutup.
Segera bawa bayi ke dokter spesialis anak jika telinga menjadi bernanah, bengkak, nyeri, gatal, dan demam setelah proses penindikan. Tetap rawat anak dengan baik, berikan ASI sebagai makanan terbaik, lakukan imuniasi dan pantau perkembangan serta pertumbuhan anak.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Lidya Hapsari. 
vaksin bayi dan anaktumbuh kembang bayiinfeksi telinga
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil