Berapa usia kandungan saya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 25 Tahun
Selamat pagi dok mau tanya,,,saya terakhir menstruasi 29april,,brarti sekarang usia kandungan saya brp ya?Trima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kehadiran seorang anak sangat dinantikan hampir oleh setiap pasangan suami istri. Beberapa pasangan juga mengikuti program hamil yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan untuk bisa mendapatkan kehamilan. Untuk mengetahui usia kehamilan, bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti:

  • Menggunakan acuan Last Mesntrual Period
    • Cara ini dapat menghitung usia kehamilan dan hari perikraan lahir dengan menggunakan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) Anda. 
  • Menggunakan USG kehamilan
    • Merupakan pemeriksaan khusus yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk dapat mengetahui kondisi janin baik petumbuhan serta perkembangannya dan juga kondisi rahim ibu hamil. 

Untuk pengukuran berdasarkan HPHT, dapat dihitung dengan menggunakan rumus untuk mengetahui Hari perikraan lahir (HPL). Adapun rumusnya adalah tanggal +7, bulan -3, tahun +1. Apabila, HPHT Anda adalah 29 April 2020 maka HPL Anda adalah berkisar 5 atau 6 Januari 2021. Sedangkan Usia kehamilan Anda saat ini sekitar 10 minggu.

Tetaplah mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang agar kebutuhan nutrisi janin terpenuhi dengan baik, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, hindari kelelahan dan juga stres, periksakan kandungan Anda minimal 4 x selama kehamilan. 

Segera periksa ke dokter spesialis kandungan terdekat bila terdapat perdarahan dan atau disertai dengan nyeri perut hebat. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meningkatkan kesuburan atau fertilitas dapat dilakukan dengan menjaga berat badan tetap ideal

3 Cara Meningkatkan Kesuburan agar Cepat Hamil

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa di antaranya meliputi: menjaga temperatur testis, menjaga berat badan tetap ideal, dan memilih obat-obatan yang aman untuk kehamilan.