Berapa nilai normal kadar gula darah puasa ?

YK Info Penanya: YK
Saya usia 65thKemarin cek glukosa darah puasa,hasilnya 127.yg ingin ditanyakan.nilai segitu normal?atau termasuk gula tinggi.brp nilai rujukan normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi YK,

Pemeriksaan kadar gula darah merupakan salah satu pemeriksaan yang wajib dilakukan bagi orang usia diatas 40 tahun, selain pemeriksaan kadar kolesterol, trigliserida, asam urat untuk memantau kesehatan tubuhnya.

Pemeriksaan kadar gula darah yang dilakukan setelah puasa 8 jam normalnya dibawah 100 mg/dl. Sehingga bila kadar gula darah puasa Anda 127 mg/dl berarti diatas normal dan bisa disebut sebagai prediabetes. Namun karena nilai lebihnya tidak terlalu banyak, dan usia Anda yang sudah 65 tahun, maka Anda tidak perlu khawatir dengan kadar gula darah 127. 

Berikut ini tips agar kadar gula Anda turun lebih mendekati nilai normal :
  1. Batasi kalori yang masuk, tetap makan namun porsinya dikurangi. Namun hindari pembatasan makanan secara ekstrem.
  2. Perbanyak asupan sayur dan buah.
  3. Kurangi makanan berlemak, gorengan.
  4. Hindari minuman bersoda, alkohol.
  5. Lakukan olahraga secara teratur 30 menit setiap hari.

Selain tips di atas, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan kadar gula secara berkala misal setiap 6 bulan sekali. Bila muncul keluhan seperti mudah lapar, mudah haus, ada penurunan berat badan, gatal-gatal di kulit, sering kencing maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perceraian bisa meningkatkan risiko terhadap penyakit kronis dan kematian.

Dampak Perceraian, dari Diabetes hingga Meningkatkan Resiko Kematian!

Perceraian kadang menjadi satu-satunya solusi yang bisa ditempuh sebagai jalan keluar dari masalah yang dialami suatu pasangan. Namun sering tidak disadari, dampak perceraian juga ternyata dapat berpengaruh terhadap kesehatan, hingga memicu penyakit kronis.