Bagaimana menghitung usia kehamilan?

FA Info Penanya: FA
Dok saya mau bertanya,saya terakhir haid blan november tanggal 17 2019b ulan desember saya tidak haid dan tidak berhubungan badan dengan suami karna bekerja d luar kota,saya berhubungan dengan suami saya cuti antara tggal 1-10 januari 2020,kira" brp minggu khamilan saya?karna d usg kehamilan saya sudah 22 minggu terimakasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, F.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Menghitung usia kehamilan merupakan hal yang wajar dilakukan oleh setiap ibu hamil. Tanda dari kehamilan biasanya diawali dengan telat haid. 

Cara menghitung usia kehamilan

Ada beberapa cara menghitung usia kehamilan, yaitu:

  • Menggunakan metode LMP (last menstrual period). Hari pertama periode menstruasi terakhir sebagai hari pertama kehamilan. 
  • Menggunakan alat scan (USG).

Untuk itu,  sangat penting sekali mengetahui hari pertama haid terakhir (HPHT) seorang wanita karena ini berperan penting dalam menghitung usia kehamilan.

Terkait dengan kondisi Anda ini, Anda terakhir kali berhubungan badan dengan suami di awal Januari 2020 dan Anda tidak menyebutkan HPHT Anda. Sehingga jika dilihat dari terakhir kali Anda berhubungan badan dengan suami, maka usia kandungan Anda benar sekitar 22 minggu. Untuk itu, Anda tidak perlu meragukan hasil USG karena hasil USG pada umumnya akurat.

Yang terpenting saat ini yaitu Anda tetap melakukan pola hidup sehat (makan makanan yang bergizi, banyak minum air putih, istirahat yang cukup, konsumsi vitamin asam folat) dan rutin kontrol ke dokter kandungan agar perkembangan janin Anda dapat terpantau dengan baik. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kejang pada masa kehamilan merupakan kondisi serius yang bisa membahayakan ibu dan bayi.

Penanganan Kejang pada Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Kejang selama kehamilan adalah kondisi akibat kenaikan tekanan darah tinggi yang menyebakan kejang. Kondisi ini berbahaya karena pasokan oksigen ke janin alami penurunan.