21 Mar 2020, 13:04Infeksi

Berapa lama waktu inkubasi COVID-19 dalam tubuh manusia?

TB
Info Penanya: TB0
Dokter, saya ingin bertanya. Apakah setelah kita bersentuhan dengan pengidap virus corona kita akan langsung tertular hari itu juga?
44737 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang TB, Masa inkubasi COVID-19 adalah 5-21 hari dimana hal ini masih terus diteliti. Masa inkubasi sendiri merupakan masa dari mulai terpapar virus sampai menimbulkan gejala, jadi bisa bervariasi pada tiap individunya. Pada mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang baik, sering kali hanya timbul gejala ringan atau bahkan tidak tampak gejala. Jadi masa inkubasi bisa berbeda-beda pada masing-masing individu.Virus corona atau COVID-19 menyebar melalui droplet atau percikan ludah, tetapi saat ini tengah diteliti berapa lama virus ini dapat bertahan pada benda ataupun di udara. Oleh sebab itu sangat lah penting melakukan pencegahan baik agar tidak tertular ataupun tidak menularkan terutama pada pekerja yang berisiko ataupun jika sebelumnya pergi ke daerah yang terdampak infeksi virus corona. Beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan diantaranya adalah:
  • Lakukan perilaku hidup bersih dan sehat
  • Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir
  • Hindari menyentuh mata, mulut dan hidung jika belum cuci tangan
  • Gunakan masker jika sedang batuk, pilek atau bersin atau ganguan pernapasan lain
  • Terapkan etika batuk dan bersin yang baik
  • Jaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti sayur dan buah serta tambahan vitamin jika diperlukan
  • Hindari berkumpul, keluar rumah jika bukan suatu hal yang sifatnya mendesak atau melakukan social distancing
Jadi jika mengalami gejala saluran pernapasan tetapi tidak ada riwayat kontak dengan orang yang mungkin terinfeksi atau orang yang baru kembali dari daerah yang terdampak maka dapat mengatasi gejala dengan obat bebas terlebih dahulu. Jika ada riwayat kontak tapi tidak ada gejala maka perlu melakukan protokol karantina diri selama 14 hari, dimana jika dalam 14 hari timbul gejala perlu memeriksakan diri pada fasilitas yang menangani infeksi COVID-19. Tetap tenang tetapi tetap waspada. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
infeksi saluran pernapasaninfeksi viruscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil