Berapa Lama Test Pack Positif Setelah Keguguran

O Info Penanya: O, Wanita, 25 Tahun
Dokter saya ingin bertanya.. saya hamil 7week . Awalnya keluar bercak darah hanya sedikit saja, saya konsul ke bidan terdekat kata bidan sy harus bnyk istirahat jangan kecapean.. stlh itu sy tdur. Bngun tidur darah sudah berceceran dok.. banyak sekali.. jam 2 malam . Pagi jam 7 sy ke dokter yg ada di klinik . Sy usg.. janin sy masih ada hnya dia sdh turun ke bawah dan kata dokternya sy suruh pulang kalau darah masih keluar saya suruh balik lagi. Stlh itu sy cek up lagi tapi ke dokter kandungan yg berbeda.. disana di tespeck 3x hasilnya positif dok tapi di usg janin sy tdk ada... tolong bantu penjelasan nya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam O,

Pembentukan organ-organ penting pada janin mulai terjadi pada usia kehamilan 3 minggu. Usia kehamilan 7 minggu pada usg tampak janin bertambah besar, panjang sekitar 5-9 mm, organ-organ (perut, kepala, kaki) sudah mulai terlihat, denyut jantung janin mulai terlihat dan dapat dihitung. 

Human chorionic gonadotropin (hCG) adalah hormon yang dibuat oleh plasenta untuk mendukung pertumbuhan janin selama kehamilan. Selama kehamilan normal, level hCG umumnya dua kali lipat pada 48-72 jam awal kehamilan dan dapat dideteksi melalui pemeriksaan darah selama 3-4 minggu setelah hari pertama haid terakhir. Puncak tertinggi dari level hormon ini pada usia kehamilan 8-10 minggu. Setelah itu levelnya akan menurun pada minggu ke-20 hingga bayi dan plasenta lahir.

Jika terjadi keguguran pada usia kehamilan 8-10 minggu saat konsentrasi sedang dalam kondisi tinggi, butuh waktu yang lebih lama untuk hormon ini menghilang dibandingkan keguguran pada usia kehamilan lainnya. Umumnya hCG kembali normal 4-6 minggu paska keguguran. 

Saran saya apabila masih ragu, dapat meminta second opinion ke beberapa dokter spesialis kebidanan dan kandungan lainnya.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Jeng Yuliana

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu posisi seks terbaik saat hamil adalah wanita di atas

6 Posisi Seks Terbaik Saat Hamil

Berhubungan seks saat hamil relatif aman untuk dilakukan oleh pasangan. Posisi seperti wanita di atas dan spooning direkomendasikan karena memberikan kenyamanan pada ibu hamil.