15 Dec 2020, 04:12Kandungan

Berapa lama sperma yang tercampur dengan cairan latex dapat bertahan hidup ?

SY
Info Penanya: SY0
Ketika berhubungan intim dengan menggunakan kondom laki saya terjadi ejakulasi sehingga keluar di tampungan kondom tersebut, namun sperma yg ia keluarkan tidak banyak bahkan hanya sedikit sekali. Tapi gk lama setelah kondom tersebut di cabut atau di lepas, suami saya blm mencuci kelaminnya namun kembali berhubungan intim tanpa memakai kondom. Apakah keadaan sperma msh tetap hidup di area penisnya? dan bisa memicu kehamilan kah?
3522 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore SY,Saat berhubungan bisa berpotensi menyebabkan kehamilan adalah dimana ibu sedang dalam periode masa subur. Aktivitas seksual yang dilakukan walaupun menggunakan pengaman seperti kondom atau senggama di dalam maupun dilaur bisa saja menyebabkan kehamilan. Kehamilan bisa saja terjadi bila kondom bocor atau adanya sperma yang mengenai bagian vagina sehingga sperma dapat berenang masuk dan membuahi sel telur.Normalnya terdapat 15 juta sel sperma di dalam air mani saat ditembakkan keluar oleh pria. Sel sperma ini dapat bertahan hingga 15-30 menit bila masih terdapat air mani. Sel sperma akan mati bila air mani sudah mengering. Pada latex kondom tidak terdapat cairan, cairan yang dimaksud adalah cairan air mani.

Jadi ada kemungkinan sperma masih hidup, kecuali apabila menggunakan kondom yang mengandung zat spermisida yang dapat membunuh sel-sel sperma.

Ibu dapat mencegah kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi seperti pil KB, suntik KB, implan atau spiral/IUD. Bila terdapat tanda-tanda kehamilan ibu dapat mendeteksi kehamilan dengan test pack. Ibu juga bisa  melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
hubungan seksualkehamilancara menggunakan test pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil