Berapa lama sejak berhubungan, seseorang dapat terinfeksi penyakit menular seksual ?

MF Info Penanya: MF, Wanita, 32 Tahun
dok, brpa lama org akan terkena penyakit itu, krn sblmnya dy prnh hub intim dgn wanita lain, dan menyalahkan saya krn stlh hub dgn saya dy sakit sprti itu, dan saya tdk merasakan gejala yg disebutkan diatas...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MF.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Penyakit menular seksual yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae, atau yang dikenal dengan penyakit gonore (GO) ini biasanya ditularkan melalui aktivitas seksual yang berisiko atau tidak menggunakan kondom. Pada fase awal terjadinya infeksi, beberapa kasus penyakit gonore dapat tidak menimbulkan gejala. Namun umumnya gejala dapat timbul pada 1 sampai 14 hari setelah infeksi terjadi.

Terkait dengan pertanyaan Anda, sebaiknya diperiksakan dan diobati bersama ke dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, karena siapapun yang terinfeksi pertama, saat berhubungan lagi, risiko untuk menularkan sangat tinggi, terutama jika hubungan dilakukan tanpa menggunakan pengaman / kondom.

Berikut saya sertakan artikel terkait pengobatan penyakit gonore yang kian rumit saat ini, oleh karena itu hendaknya untuk tidak berganti pasangan karena risiko tertular akan semakin meningkat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jaga kerahasiaan obat gonore Anda karena dosis dan jenis antibiotik antarpenderita gonore belum tentu sama

Pengobatan Gonore Tidak Lagi Ampuh Menggunakan Antibiotik, Benarkah?

Kasus di Quebec, Kanada, menjadi hal baru bahwa gonore tidak selalu efektif disembuhkan dengan antibiotik. WHO merilis bahwa gonore menjadiadalah salah satu penyakit yang kian sulit diobati dan bakteri Neisseria gonorrhoeae menjadi kebal terhadap antibiotik. Lakukan pencegahan dengan hubungan seks yang aman dan tidak berisiko