Berapa Lama Sakit Cacar Air Akan Sembuh?

A Info Penanya: A, Pria, 29 Tahun
Selamat sore Dokter,Butuh berapa lama biasanya untuk cacar air menjadi sembuh? Saya terkena penyakit tersebut lalu sudah periksa ke dokter dan disarankan untuk tidak berhubungan badan dengan Istri. Tapi pada hari pertama saya masih berhubungan karena tidak tahu gejala cacar air. Dikira hanya demam dan sakit kepala saja. Sekarang di hari ke-4 dan bentolan seperti kena sundut rokok sudah menjalar ke seluruh tubuh.Selain lamanya, bagaimana menghilangkan bekas noda diwajah akibat cacar air yang menggangu ini? Kemudian apakah istri yang sedang hamil 8 bulan dan calon bayi bisa tertular juga? Jika ya, bagaimana saya harus memberikan pertolongan kepada mereka? Mohon pertolongannya, karena saya sangat cemas. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Bapak A,

Cacar air atau varicella adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Umumnya menyerang anak dibawah usia 10 tahun, namun gejalanya akan lebih berat bila menyerang orang dewasa. Bila pernah menginap cacar air maka dapat dipastikan tidak atau sangat jarang terinfeksi lagi. Penularan virus adalah dengan cara kontak langsung dengan penderita, terhirup udara yang terinfeksi virus dari penderita yang bersin, batuk dan bicara, satu ruangan dengan penderita lebih dari 15 menit.

Masa infeksi dan penularan virus dari penderita adalah 7 sampai 14 hari, yang ditandai dengan gejala awal yaitu panas, batuk, pilek, badan lemas, munculnya bintil merah melepuh berisi cairan di kulit. Sampai bintil – bintil mengering di kulit barulah penderita tidak menjadi sumber infeksi bagi orang lain.

Pengobatan pada penderita adalah dengan mengobati gejala seperti demam dan pemberian bedak (seperti bedak salisil, kalamin) atau salf untuk penyembuhan bintil pada kulit. Untuk orang dewasa sebaiknya diberikan obat anti virus pada awal sakit.

Sabarlah untuk menunggu hilangnya bekas koreng yang ditimbulkan oleh cacar air karena seiring berjalannya waktu maka bekas hitam akan memudah dan hilang dengan sendirinya. Sebaiknya tidak menggaruk dan menyentuh bintil karena dapat menyebabkan infeksi sekunder yang dapat memperparah sakit dan menimbulkan bekas luka yang besar dan permanen.

Cacar air dapat menyebabkan infeksi dan komplikasi berat bila diderita oleh wanita hamil, dari ancaman keguguran dan kematian janin dalam kandungan, cacar bawaan pada bayi saat lahir, kelainan telingan dan mata pada bayi baru lahir, bayi lahir dengan berat badan rendah dan lahir prematur.

Untuk itu bila dicurigai Ibu hamil terinfeksi virus cacar air maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan darah atas rujukan Dokter Spesialis Kandungan (SpOG), dan pemeriksaan lengkap lainnya supaya segera bisa tertangani.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Buah, sayur, olahan susu, dan kacang bisa menjadi camilan, yang merupakan makanan sehat untuk ibu hamil

Beberapa Inspirasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil sebagai Camilan

Kebiasaan ngemil mungkin membuat beberapa ibu hamil cemas, karena takut mengganggu kesehatan tubuhnya serta pertumbuhan janin. Namun tenang saja. Sebab, Anda bisa tetap ngemil, selama camilan yang dipilih, terbuat dari makanan sehat untuk ibu hamil.