Berapa lama proses penyembuhan DBD?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, di rumah saya akhir-akhir ini banyak sekali ditemukan nyamuk DBD. Saya cukup khawatir. Kira-kira DBD itu parah kah dok? Berapa lama proses penyembuhannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam FF

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Demam berdarah dengue atau sering disebut dengan istilah DBD adalah suatu keadaan infeksi yang lebih serius dari demam dengur. Demam degue senduri merupakan demam yang disebabkan oleh virus Dengue. Virus ini dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi virus dengue. Sehingga penyerbaran dari penyakit ini ditularkan melalui nyamuk, bukan dari manusia satu ke yang lain secara langsung.  Pada prinsipnya gejala dari DBD ini ada dalam beberapa fase.

Adapun ketiga fase dalam penyakit DBD adalah sebagai berikut:

  • Fase demam
    • Berlangsung selama 2 - 7 hari, gejala berupa demam tinggi dengan suhu mencapai 40 derajat celcius, nyeri kepala yang diikuti dengan nyeri belakang bola mata, nyeri otot dan sendi-sendi, bintik-biktik kemerahan pada kulit (petecheiae), bahkan bisa terjadi mimisan, atau gusi berdarah
  • Fase kritis
    • Terjadi antara 3-7 hari sejak gejala awal muncul. Pad afase ini merupakan fase dimana keadaan penderita membaik taua semakin memburuk. Pada fase ini demam akan mnurun dan suhu tubuh mendekati normal, namun hal ini bukan berarti penderita sembuh, Oleh karena itu kita patut waspada. Trombosit pada fase ini biasanya turun, oleh karena itu perlu dilakukan perawatan di rumah sakit untuk mengantispasi terjadinya kebocoran plasma, perdarahan, dan gangguan fungsi organ. 
  • Fase pemulihan
    • Fase ini terjadi selama 2 - 3 hari setelah masa kritis telewati tanpa ditemukan adanya penurunan kondisi.Pada fase ini, penderita mengalami peningkatan kondisi sekcara kelesuruhan, nafsu makan mulai muncul kembali, trombosit mulai naik kembali. 

Untuk itu pastikan Anda tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar, gunakan produk penolak serangga, gunakan kelambu pada saat tidur, hindari genangan air pada lingkungan sekitar, gunakan baju yang tertutup untuk menghindari gigitan nyamuk serta konsumsi makanan bergizi seimbang .Jika timbul gejala segera priksaka diri Anda, segra periksakan ke dokter terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam Sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Macam-macam virus, seperti corona, dapat menjangkiti manusia

Tak hanya Corona, Ini Macam-Macam Virus yang Berbahaya bagi Manusia

Selain virus corona, macam-macam virus yang harus Anda waspadai, yakni HIV, dengue, rotavirus, hepatitis, maupun virus lain yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.