Berapa lama penyembuhan luka pada telapak kaki setelah tindakan pengangkatan mata ikan ?

YH Info Penanya: YH, Pria, 19 Tahun
Dok.. Saya ingin bertanya.. Dua hari yang lalu saya bedah mata ikan ditelapak kaki dengan cara electrocauter di praktek dokter spesialis kulit dan kelamin. Tp sampai sekarang masih sakit dan susah utk berjalan. Apakah seperti itu ya dok? Dan brp lama sembuhnya hingga tidak terasa sakit lagi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, YH.

Mata ikan/clavus merupakan bagian kulit yang keras atau tebal yang dapat disertai nyeri, disebabkan karena tekanan dan friksi yang terus-menerus pada kulit. Biasanya terdapat pada jari kaki atau telapak kaki.

Terkait keluhan anda, setelah dilakukan suatu tindakan bedah kecil seperti electrocauter, nyeri akan timbul setelah efek obat bius lokal mulai menghilang hal ini sangatlah wajar, biasanya dokter akan meresepkan obat penghilang nyeri untuk di minum. Dokter akan menganjurkan untuk kontrol kembali dalam 3 hari ke depan untuk mengevaluasi luka. Luka seperti yang anda keluhkan bisa membaik dalam 1-2 minggu, namun tergantung kondisi seperti ada tidaknya infeksi sekunder, mempunyai penyakit kencing manis, atau perokok berat. Sebaiknya kontrol ulang ke dokter yang sama agar bisa dievaluasi luka pada telapak kaki anda.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh T
31 Aug 2019, 04:42
Saya operasi mata ikan dari tanggal 20 Agustus, sampe sekarang masih sakit. Apakah memang lama ya sembuhnya? Dan setelah operasi ini, kok bekas lukanya masih nonjol (timbul) gitu ya? Apakah emang bengkak pasca operasi sampai sekarang atau terkena infeksi lagi atau tumbuh lagi atau bagaimana ya dok? Terima kasih.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.