Berapa lama menstruasi normal kembali pasca melahirkan?

MS Info Penanya: MS, Wanita, 25 Tahun
Siang dok, Tgl 15 Jan 2020 sya persalinan SC ank kedua. Selama nifas darah yg keluar itu sangat sedikit dan sampai saat ini sya blm juga haid dok, kemarin sya sempat demam, kepala pusing, mual, lemas, BAB nya air, dan saya selalu buang angin (kentut), malam nya saya pergi berobat kata dokternya sya hanya kecapekan dan masuk angin. Kalau saya boleh tahu itu kenapa iya dok? Apakah saya hamil lagi atau bagaimana? Soalnya saya untuk saat ini tidak mau hamil lagi. Mohon solusinya dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Hampir setiap wanita pernah mengalami keterlambatan haid. Apalagi bagi ibu-ibu yang pasca melahirkan, pasti akan bertanya-tanya kapan bisa haid kembali. Walaupun haid datang, siklus akan berubah. Tidak akan sama dengan siklus haid sebelum melahirkan. 

Pada umumnya, ibu-ibu yang pasca melahirkan akan kembali menstruasi normal 6 bulan setelah melahirkan. Penyebabnya karena tubuh ibu memproduksi hormon prolaktin. Hormon ini berperan untuk mencukupi kebutuhan ASI dan juga menekan hormon reproduksi. Sehingga tidak akan terjadi ovulasi dan kemungkinan tidak akan terjadinya menstruasi sampai selesai menyusui. 

Kondisi yang Anda alami ini disebabkan karena hormon prolaktin (sesuai penjelasan diatas). Selain itu, bisa juga karena faktor yang lain seperti  kecapekan, kurang istirahat, stres, pola makan yang buruk, dan berat badan yang belum ideal. Sebagai ibu baru butuh adaptasi, sehingga kondisi-kondisi tersebut yang menyebabkan Anda mengalami gejala demam, pusing, mual, dll.  Jadi, gejala yang Anda alami ini bukan tanda bahwa Anda hamil lagi. Hampir setiap ibu baru pasti mengalami hal seperti ini.

Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar kondisi ini bisa teratasi, yaitu:

  • Mengkonsumsi obat-obatan sesuai dengan gejala Anda.
  • Gunakan waktu untuk istirahat seefektif mungkin.
  • Usahakan jangan stres.
  • Makan makanan yang bergizi terutama sayur dan buah.
  • Usahakan untuk berolahraga yang ringan seperti jalan pagi.
  • Lakukan meditasi atau yoga. 
  • Konsumsi bahan-bahan alami seperti jahe, kunyit, teh hijau. 
  • Minta bantuan dari orang-orang sekitar Anda untuk menolong Anda mengurus bayi agar Anda tidak terlalu capek.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh MS
21 Apr 2020, 18:09
Selesai masa nifas saya dan suami campur, setiap selesai campur dengan suami. Suami buang sperma nya diluar, apa benar walaupun sperma suami dibuang keluar, bisa hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
22 Apr 2020, 07:27
Hi, MS.
Benar adanya walaupun mengeluarkan sperma di luar, wanita masih bisa hamil. Alasannya adalah karena cairan pra-ejakulasi (cairan yang keluar sebelum ejakulasi) masih mengandung sperma. Jadi, kemungkinan untuk bisa hamil masih ada walaupun kecil.
Salam sehat.
Dibalas oleh MS
24 Apr 2020, 12:35
Ni pertanyaan sya yg terakhir. Seandainya klau sya hamil lgi itu ada gak dok resiko yang berbahaya dgn sya? Soalnya ank ke 1 & ke 2 jaraknya 16 bln dok. Sya saat ini benar² tdk ingin punya anak lagi dok. Apa yg harus sya lakukan dok, sya mau fokus ngurus kedua ank sya dok.Terima kasih.
Dibalas oleh MS
24 Apr 2020, 13:30
Ni pertanyaan sya yg terakhir. Seandainya klau sya hamil lgi itu ada gak dok resiko yang berbahaya dgn sya? Soalnya ank ke 1 & ke 2 jaraknya 16 bln dok, ank ke 1 & ke 2 operasi SC. Dan ini bekas jahitan operasi nya itu masih terasa sakit. Saat ini sya benar² tdk ingin punya anak lagi dok. Apa yg harus sya lakukan dok, sya mau fokus ngurus kedua ank sya dok.Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
24 Apr 2020, 14:17
Hi, MS.
Jika Anda sekiranya hamil, maka akan beresiko bagi kehamilan Anda karena bekas operasi SC butuh proses penyembuhan yang cukup lama. Resikonya bisa berupa perdarahan, luka bekas SC yang nyeri, dll. Saat ini yang bisa Anda lakukan adalah jangan berhubungan seksual dulu atau gunakan kondom agar tidak terjadi kehamilan.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.