03 Jun 2020, 05:46Kandungan

Apakah bahaya dari tindakan aborsi?

IC
Info Penanya: IC, Wanita, 30 Tahun
Selamat pagi dok. Sebenarnya saya mau ke RS Spesialis Kandungan, namun krn masa PSBB ini belum kunjung reda jdi belum bisa.Tgl 22 Feb '20 saya mens terakhir.Tgl 8 Apr '20 kami sepakat aborsi krn jenjang waktu dengan anak pertama trlalu dekat. Proses aborsi dengan pil.Tgl 3 Jun '20, sampai saat ini masih ad rasa mual serta muntah stlh makan dan juga saya sudah test pack hasil ny masih positif. Mohon bantuan ny dok, apa yg harus saya lakukan saat ini.
13418 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore ICTerima kasih atas pertanyaan Anda.Kehamilan memang banyak dinantikan oleh pasangan suami istri, namun pada beberapa orang juga ingin menunda kehamilan karena beberapa alasan. Mengakhiri kehamilan dengan cara aborsi, perlu diketahui efeksamping risiko kesehatannya. Bila melakukan aborsi tanpa bantuan medis yang profesional dapat membahayakan kondisi rahim bahkan mengancam nyawa.Walaupun sudah dulakukan atas prosedur medis dan sudah dilakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa aborsi yang akan dilakukan legal, kemungkinan besar masih terdapat beberapa risiko. 

Adapun beberapa risiko dari aborsi adalah sebagai berikut:

  • Adaya infeksi dari rahim
  • Adanya sisa jaringan (janin) dalam rahim
  • Terjadi perdarahan hebat
  • Terjadi kerusakan padaservix (leher rahim)
Selain itu, regulasi terkait dengan aborsi di indonesia tedapat pada undang-undang No. 36 Tahun 2009 tetang kesehatan reproduksi. Pada undang-undang tersebut dituliskan bahwa setiap orang dilarang melakukan aborsi. terkait dengan pertanyaan Anda, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter sepsialis kandungan terdekat. Untuk bisa dilakukan aborsi atau tidaknya tergantung dari hasil pemeriksaannya.Bila Anda memang ingin menunda kehamilan bisa menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom, pil KB, KB suntik dan beberapa alat kontrasepsi yang lainnya, tetap konsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan cairan, dan jaga keberisihan.Semoga bermanfaat.Salam sehat, dr. Dian
kehamilantrimester pertama kehamilanabortus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil