30 Jan 2021, 19:50Penyakit Lainnya

Berapa lama humidifier dinyalakan?

SL
Info Penanya: SL0
Dok, saya baru pakai humidifier sebaiknya berapa lama humidifier dinyalakan dan lebih baik letakkan di kamar atau ruang tamu?
1223 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam SLTerima kasih atas pertanyaan AndaHumidifier adalah sebuah alat yang berfungsi untuk meningkatkan kelembaban udara pada ruangan. Pada ruangan tertutup dan menggunakan pendingin ruangan taau AC, udara di dalam ruangan cenderung kering. Udara yang kering bisa mempengaruhi kesehatan saluran napas hingga menyebabkan kulit menjadi kering. Humidifier ini berkerja dengan cara menyemprotkan uap air pada udara sehingga udara menjadi lebih sejuk. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari humdiifier untuk kesehatan:

  • Melembabkan kulit kering
  • Mencegah infeksi pada saluran napas seperti flu, batuk, bersin dan lain sebagainya
  • Membantu mengeluarkan dahak
  • Mencegah iritasi pada mata
  • Mencegah iritasi hidung karena udara yang terlalu kering
Tujuan dari menggunakan humidifier adalah untuk menjaga kelembaban udara. Saat ini sudah banyak alat humidifier yang memiliki hygrometer atau alat untuk mengukur kelembaban udara. Jika humidifier yang Anda miliki belum terdapat hygrometer, maka Anda bisa membelinya secara terpisah. Pastikan kelembaban udara berada dikisaran 30-50 persen agar bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan humidifier. Selain itu, pastikan Anda menjaga dan merawat kebersihan serta menggunakannya sesuai dengan aturan yang disarankan dari masing-masing humidifier. Terkait berapa lama waktu yang tepat untuk menyalakan humidifier, tergantung dari tujuan Anda menggunakannya. Ruangan yang terlalu lembab juga tidak baik karena bisa menyebabkan infeksi saluran napas, infeksi jamur, bakteri dan lain sebagainya. Walaupun sudah meggunakan humidifier, alangkah baiknya tetap menjaga sirkulasi udara pada ruangan agar udara tetap baik. Lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter bila terdapat keluhan. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
tren kesehatantips kesehatanmenjaga kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil