Berapa lama hasil pembuahan setelah berhubungan intim ?

JS Info Penanya: JS, Pria, 20 Tahun
Berapa lama hasil pembuahan setelah hubungan intim ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore JS,

Untuk terjadinya proses kehamilan diperlukan pertemuaan antara sel telur dengan sperma, idealnya hubungan seksual ini dilakukan ketika masa subur wanita yang ditandai dengan payudara yang lebih sensitif, keluar cairan bening dari vagina yang merupakan pelumas alami untuk memudahkan berhubungan seksual, perasaan menjadi lebih sensitif, dan ada sedikit peningkatan suhu tubuh.

Ketika masa subur ini, sel telur akan dilepaskan dan siap menunggu sperma yang akan membuahi, setelah terjadi pertemuan dan pembuahan, maka akan terjadi proses implantasi pada dinding rahim, dan dengan berjalannya waktu maka hormon beta HCG akan semakin meningkat dan dapat dideteksi pada pemeriksaan urin menggunakan test pack. Usahakan melakukan pemeriksaan test pack paling cepat 1 minggu setelah terlambat haid dengan catatan siklus haidnya teratur. Pemeriksaan yang terlalu awal dapat menimbulkan hasil negatif palsu.

Bila ada tanda-tanda kehamilan seperti terlambat haid, mual-mual di pagi hari, badan terasa lelah, lemas, maka lakukan pemeriksaan test pack untuk memastikan ada tidaknya kehamilan.

Bila Anda kurang yakin dengan hasil test pack, bawa istri periksa ke dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

 

JS
13 Nov 2019, 18:35
Terimakasih
JS
13 Nov 2019, 18:44
Berarti dok, pembuahan bisa terjadi kapan saja ketika sperma masuk kedalam vagina pada masa subur ?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab vagina terasa gatal adalah infeksi jamur pada vagina

Vagina Terasa Gatal Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab vagina terasa gatal saat hamil salah satunya terjadi karena perubahan tingkat keasaman (pH) pada vagina. Akibatnya, muncul iritasi pada permukaan kulit di area tersebut. Walaupun begitu, vagina terasa gatal bukanlah sesuatu yang berbahaya.