Berapa lama baiknya makanan disimpan di lemari pendingin?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 29 Tahun
mau nanya berapa lama bagusnya makanan disimpan lemari pendingin
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MTH,

Makanan mengandung zat penting baik bagi proses metabolisme tubuh, menjaga sistem kekebalan tubuh (Imunitas tubuh), lancarnya sistem pencernaan, memperbaiki kemampuan berfikir hingga perkembangan atau pertumbuhan tubuh, sehingga mutlak diperlukan makanan yang bergizi serta fresh agar terhindar dari kontaminasi bakteri, jamur maupun organisme lain.

Makanan yang terkontaminasi bakteri atau jamur akan memberikan efek negatif bagi tubuh serta menimbulkam berbagai penyakit, misal gastritis atau gangguan di lambung, diare berkepanjangan, dispepsia disertai mual dan muntah. 

Makanan akan tetap layak bagi tubuh asal tidak disimpan terlalu lama yang nantinya dikhawatirkan akan ada proses pembusukan atau Self-decomposed bila penyimpanan tidak benar dan terlalu lama disimpan sampai jangka waktu tertentu. Apabila disimpan di kulkas hendaknya tidak lebih dari 2-3 bulan, karena pada umumnya makanan akan bertahan selama 1 bulan bila disimpan di kulkas.

Berikut tips untuk menjaga makanan di kulkas untuk menjaga kualitas diantaranya
  1. Pakailah wadah penyimpanan sebelum dimasukkan di kulkas, diutamakan yang tertutup untuk menghindari kontak dengan udara luar
  2. Tulislah waktu penyimpanan, hal ini agar kita tahu berapa lama waktu makanan itu disimpan
  3. Simpan makanan tersebut pada tempat tertentu khususnya dibagi berdasarkan ketahanan makanan tersebut apakah mudah busuk atau tidak 

Berikut saya sertakan artikel Makanan prebiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Konsultasikan dengan dokter spesialis gizi klinik bila ada pertanyaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain sayuran dan karbohidrat, pemilik darah A sebaiknya juga mengonsumsi protein tinggi.

Diet Golongan Darah A: Rekomendasi Makanan, Pantangan, dan Menu

Diet golongan darah A sebaiknya mengonsumsi protein tinggi, tahu, susu kambing. Beberapa pantangan diet ini seperti daging sapi, daging domba, dan susu sapi.