Berapa ukuran penis yang normal?

SL Info Penanya: SL
Pagi dok, saya kadang insecure dengan ukuran penis saya. Seberapa panjang dan besar sih dok, ukuran penis normal seseorang?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SL

Terima kasih atas petanyaan Anda

Penis adalah salah satu organ reproduksi pria. Banyak pria merasa bahwa ukuran penis dapat mempengaruhi kesuburannya. Padahal, kualitas spermalah yang sangat menentukan dari kesuburan seorang pria. Normalnya ukuran penis pada pria dewasa di indonesia berkisar antara 10 cm - 13 cm. Ukuran penis ini bukan ditentukan oleh ukuran kaki, tinggi badan dan lain sebagainya, namun ukuran penis ditentukan oleh faktor genetik (keturunan).

Oleh karena penis merupakan salah satu organ reproduksi wanita, kesehatan dari penis pun perlu dijaga agar penis pada pria dapat berfungsi secara maksimal. Penis yang sehat setidaknya memiliki kemampuan untuk ereksi, melakukan ejakulasi (memiliki kesuburan yang normal) serta dapat berkemih dengan lancar (mengeluarkan urin). 

Adapun beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan penis adalah:

  • Hindari bergonta-ganti pasangan seksual
  • Menjaga kebersihan area penis dan sekitar 
  • Gunakan pakaian dalam dengan ukuran yang sesuai dan juga bahan yang menyerap keringat serta gantiah pakaian dalam setidaknya 2x dalam sehari
  • Konsumsilah makanan sehat dan bergizi siembang
  • Cukupi kebutuhan cairan harian Anda dengan minum 8 gelas air perhari
  • Perbanyak sayur dan buah-buahan 
  • Lakukanlah olahraga secara rutin
  • Hindari stres dan merokok
  • Lakukanlah istirahat dengan cukup

Bila, terdapat keluhan terkait dengan penis Anda, segeralah memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi terdekat agar diberikan pengobatan yang sesuai.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaatkan fitur-fitur di MySehatQ untuk memantau kondisi kesehatan keluarga Anda

MySehatQ, Solusi Cerdas untuk Kebutuhan Kesehatan Keluarga Anda

MySehatQ adalah salah satu fitur SehatQ yang berfungsi untuk memantau kesehatan keluarga Anda. Dengan membuat akun MySehatQ, Anda akan diberikan kemudahan dalam memantau perkembangan kesehatan anggota keluarga Anda. Ada berbagai fitur yang dapat Anda gunakan, seperti kalender imunisasi dan janji bertemu dokter.