12 Aug 2020, 13:34Kulit & Kelamin

Berapa jumlah pH sabun yang cocok untuk kulit berjerawat?

N
Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok, kulit saya kebetulan cenderung sensitif. Sering berjerawat dan tidak bisa sembarang pakai produk kosmetik. Saya disarankan oleh teman menggunakan produk cetaphil atau sebamed karena pHnya katanya cocok untuk jenis kulit saya. Benar begitu kah dok?
12249 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat malam N,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.pH atau potential hydrogen merupakan tingkat yang menunjukan keasaman kulit. Jika pH menunjukan angka 1-6 berarti dalam suasana asam, angka 7 netral, 8-14 menunjukan basa. pH kulit untuk kulit normal dan berjerawat sebaiknya di angka 5.5 karena dalam pH tersebut kulit dapat melindungi dari minyak dan keringat. Selain itu pH juga berfungsi untuk melihat kulit tampak segar, sehat dan bercahaya. Jika pH di bawah 4 kulit akan mudah meradang dan timbul jerawat.

Beberapa tips untuk menjaga pH kulit tetap seimbang :

  • Jika Anda memiliki kulit sensitif dan kering, hal tersebut menandakan pH kulit sedang tinggi, sebaiknya Anda menggunakan pH kulit yang netral dan rendah.
  • Konsumsi anti oksidan untuk menangkal atau melindungi dari sinar matahari, debu dan polusi. Dan jangan lupa untuk menggunakan suncreen jika keluar ruangan.
  • Gunakan produk pembersih wajah yang menggunakan bahan alami atau ringan, sehingga tidak menimbulkan masalah kulit.
Jika Anda memiliki masalah kulit berkaitan dengan jerawat, kulit sensitif, pH kulit yang susah diatasi, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter kulit untuk melakukan pengobatan dan penanganan lebih lanjut.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
jerawatkesehatan kulitkulit sensitif
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil