25 Nov 2021, 11:08Kandungan

Berapa jarak minimal usg?

N
Info Penanya: N0
Dokter, apa benar, ibu hamil itu tidak boleh kebanyakan melakukan USG? Soalnya ada artis yang seminggu sekali di USG. Apa manfaat dari seringnya melakukan USG? Selain itu, apa dampak buruk keseringan melakukan USG? Kalau begitu, jarak minimal USG yang benar dan dianjurkan selama mengontrol kehamilan itu berapa ya dok? THANKQ
16 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lizsa Oktavyanti
(0)
Selamat siang, NSelama kehamilan, penting untuk melakuakn pemeriksaan secara rutin, untuk memantau perkembangan janin dalam rahim, dan untuk memantau kesehatan ibu selama kehamilan. Salah satu alat yang sangat sering digunakan untuk memeriksa perkembangan janin, adalah USG. USG atau ultrasonography, adalah alat pemeriksaan yang menggunakan gelombang suara atau ultra sound, untuk memberikan gambaran pada dalam rahim.

Jarak minimal usg yang aman :

Alat USG memiliki dua jenis, yaitu USG transvaginal dan USG abdomen atau perut. USG transvaginal adalah USG yang alatnya dimasukkan kedalam vagina, ini biasanya dilakukan pada usia kehamilan, untuk memeriksakan kehamilan lebih detail. Sedangakan USG perut dilakuan sepanjang pemeriksaan kehamilan.USG kehamilan dapat dilakukan kapan saja, seperti rutin, krilka memeriksakan kandungan pada dokter kandungan. Minimal melakukan pemeriksaan USG pada kehamilan, sebanyak 3 kali, yaitu satu kali pada trimester 1, satu kali pada trimester kedua, dan satu kali pada pemeriksaan trimestr akhir.

Dampak buruk sering usg bagi janin :

Alat USG aman untuk pemeriksaan ibu hamil, bila memenuhi syarat, yaitu alat yang dalam kondisi baik, dan pemeriksanya yang kompeten. Alat ini tidak membawa dampak buruk seperti alat lain yang mengandung radiasi, seperti alat rontgen.

Adakah manfaat sering usg?

USG yang dilakukan pada setiap kontrol hamil memiliki manfaat, seperti :
  • Memastikan kehamilan, pada awal kehamilan,
  • Mendeteksi kelainan bawaan, 
  • Memantau perkembangan janin selama didalam kandungan,
  • Untuk melihat jenis kelamin bayi,
  • Memperkirakan waktu persalainan,
  • Mendeteksi adanya keguguran diawal kehamilan,
  • Mengetahui denyut jantung janin.
Sebaiknya melakuakan pemeriksaan USG rutin dengan dokter kandungan selama kontrol kehamilan, untuk memantau perkembangan janin, dan unutk mendeteksi dini bila ada kelainan.Anda juga bisa membaca forum terkait dengan USG kehamilan :Semoga membantu.Salam sehat,dr. Lizsa
menjaga kehamilankesehatan kandungankehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil