Berapa biaya suntik vitamin C, apakah aman?

AS Info Penanya: AS
Hai dok, mau tanya, sebenarnya suntik vitamin C untuk memutihkan kulit aman tidak sih, dok? Bagaimana efeknya ya? Lalu bagaimana cara menghitung dosisnya? Dan berapa biayanya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang diperlukan tubuh atau nama lainnya yaitu asam askorbat. Merupakan vitamin yang larut air tetapi tidak dihasilkan sendiri oleh tubuh, sehingga perlu asupan dari luar tubuh untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan vitamin C harian adalah 30-200 mg perharinya.

Untuk mendapatkan vitamin C bisa dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan vitamin C seperti sayur-sayuran, buah-buahan ataupun dari lauk pauk lain. Selain itu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C. Dikenal juga istilah suntik vitamin C yang dimana sebenarnya tujuan suntik vitamin C adalah untuk mengatasi defisiensi vitamin C atau disebut dengan scurvy. Gejala dari kekurangan vitamin C sendiri seperti kelelahan, nyeri sendi, gigi yang mudah tanggal, timbul bintik hitam pada kulit, ganggguan gusi, ataupun luka yang sukar sembuh.

Selain untuk mengatasi scurvy, saat ini suntik vitamin C juga digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi luka serius, mencerahkan kulit dan lainnya. Suntik vitamin C sendiri dilakukan dengan menyuntikan vitamin C dosis besar  dimana maksimal 2000 mg karena nantinya kelebihan vitamin C akan dikeluarkan tubuh oleh ginjal melalui urine. Untuk mencerahkan kulit sendiri vitamin C akan dicampurkan dengan kandungan lain seperti glutathione jadi ada baiknya konsultasikan dan periksakan diri dulu sebelum melakukan suntik vitamin C untuk mencerahkan kulit.

Efek samping yang bisa timbul akibat suntik vitamin C atau asupan vitamin C yang berlebihan diantaranya seperti mual, diare, nyeri di area penyuntikan, dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal, meningkatkan risiko kerusakan ginjal apabila ada gangguan ginjal dan lainnya. Untuk biaya sendiri bisa berbeda di tiap fasilitas kesehatannya jadi bisa ditanyakan langsung ya di fasilitas kesehatan terkait. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala kekurangan vitamin C dapat berupa masalah pada kulit, rambut, gusi, hingga kuku

Ragam Gejala Kekurangan Vitamin C, Picu Gangguan pada Kulit Hingga Gusi

Walau sumbernya mudah didapat, beberapa orang masih kekurangan vitamin C. Saat seseorang kekurangan vitamin C, tubuh akan memberi sinyal berupa masalah kulit, kuku, hingga gusi.