Berapa biaya pengobatan jantung bocor?

EI Info Penanya: EI
dok,,, biaya pengobatan pertama anak balita yg terkena penyakit jantung bocor atw jantung bengkak berkisar berapa rupiah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi EI,

Jantung bocor adalah kondisi dimana katup yang ada di dalam jantung tidak dapat membuka atau menutup sempurna, dimana jantung memiliki 4 katup yang berfungsi untuk memisahkan darah kotor dengan darah bersih. Akibat katup ini tidak membuka atau menutup dengan sempurna maka akan terjadi percampuran antara darah bersih dan darah kotor yang akan menyebabkan anak menjadi kekurangan oksigen dan seringkali tampak kebiruan pada bibir dan ujung-ujung jari anak. Berat ringannya penyakit tergantung dari seberapa besar tingkat kebocoran katup tersebut dan tentunya hal ini akan menentukan juga penanganan apa yang akan diambil oleh dokter. Pada anak yang keluhannya tidak terlalu berat, maka dokter akan melakukan observasi dan pemberian obat-obatan untuk mengontrol jantung. Namun bila keluhan semakin memberat atau sejak awal anak memiliki gejala yang berat, maka dokter akan melakukan pembedahan.

Karena penanganan jantung bocor ini akan berlangsung lama dan membutuhkan kontrol rutin, maka tentunya biaya perawatan yang harus dikeluarkan sangat besar, namun kita dapat menggunakan BPJS sebagai jaminan kesehatan dari pemerintah, dan hal ini akan sangat meringankan beban biaya perawatan. Untuk penggunaan BPJS harus sesuai dengan prosedur yang berlaku seperti aktif terdaftar sebagai anggota dan melakukan pemeriksaan awal di fasilitas kesehatan tingkat pertama guna mendapat rujukan ke RS yang lebih besar. Saya tidak dapat menjelaskan berapa nominal pasti yang dihabiskan karena semuanya tergantung dari kondisi anak itu sendiri dan penanganan apa yang akan dilakukan. Sekian penjelasan yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga dengan teratur dapat membantu atasi jantung berdetak kencang

Cara Mengatasi Jantung Berdetak Kencang agar Anda Kembali Tenang

Jantung berdetak kencang bisa diatasi dengan beberapa cara, seperti olahraga, banyak minum air, dan relaksasi. Namun, jika dirasa sudah mengganggu kegiatan sehari-hari, pemeriksaan dokter mungkin diperlukan.