Berapa biaya incisi kalazion?

NN Info Penanya: NN
Dok mau tanya saya memiliki benjolan di kelopak mata atau biasanya itu disebut kalazion, saya mau insisi mata, karena dilakukan pakai cara alami gak sembuh sembuh, saya mau nanya brp biaya insisi kalazion ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NN,

Kalazion adalah benjolan yang timbul akibat adanya sumbatan pada kelenjar Meibom, dimana kelenjar ini menghasilkan minyak yang akan berfungsi untuk menjaga agar mata tetap lembab. Benjolan ini sering muncul dibagian kelopak mata bagian dalam. Seringkali orang awam salah mengartikan dengan bintitan. Kalazion ini dapat sembuh dengan sendirinya namun terkadang juga memerlukan bantuan tindakan dari dokter. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya kalazion adalah dengan cara :
  1. Selalu rajin mencuci tangan sebelum melakukan kontak atau menyentuh mata.
  2. Hindari mengucek mata.
  3. Sebelum memakai lensa kontak, pastikan tangan dalam keadaan bersih.

Namun bila sudah muncul kalazion, Anda dapat mengurangi bengkaknya dengan cara mengompres menggunakan air hangat selama 10 menit, lakukan kompres air hangat tersebut 4 kali dalam 1 hari dan hindari memencet benjolan. Namun bila dalam beberapa hari benjolan tidak menghilang, maka lakukan kontrol ke dokter mata. Biasanya dokter mata akan melakukan suntikan kortikosteroid atau melakukan sayatan kecil pada bagian kelopak mata. Mengenai biasa tindakan tersebut tergantung dari fasilitas kesehatan dan jenis tindakan apa yang akan dilakukan oleh dokter mata, saya tidak bisa menyebutkannya secara pasti.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit glaukoma merusak saraf optik mata, yang bisa menyerang lansia.

Kenali Berbagai Gejala Glaukoma yang Bisa Serang Lansia

Glaukoma merupakan sebuah kondisi yang merusak saraf optik mata, dan akan memburuk seiring berjalannya waktu. Gejala glaukoma sering tidak dirasakan penderitanya.