Berapa Berat Badan Ideal Untuk Melahirkan Normal?

DN Info Penanya: DN, Pria, 29 Tahun
Salam Dokter,Saya ingin bertanya, berapakah berat badan ideal agar bisa melahirkan normal? Usia kehamilan saya sekarang 29 minggu dan hari perkiraan lahir 27 Agustus. Mohon informasinya karena ingin sekali bayi saya lahir normal. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu D,

Secara normal, Berat Badan ibu akan bertambah sebanyak 12-15 kg selama kehamilan.

Pada trimester ke-2 janin akan tumbuh hingga 10 gram per hari. Pada minggu ke 16 (usia kehamilan 4 bulan) bayi akan tumbuh sekitar 90 gram, minggu ke-20 (usia kehamilan 5 bulan) sebanyak 256 gram, minggu ke 24 (usia kehamilan 6 bulan) sekitar 690 gram, dan minggu ke 28 (usia kehamilan 7 bulan) sebanyak 900 gram.

Kenaikan Berat Badan Ibu selama kehamilan, umumnya dihitung dengan indeks masa tubuh Anda sebelum masa kehamilan, seperti berikut ini:

Kriteria Kenaikan Berat Normal Badan Pada Ibu Hamil:

Ibu hamil yang sebelumnya memiliki Berat Badan dibawah BB Ideal (underweight) dengan indeks massa tubuh (BMI) kurang dari 18,5 maka peningkatan berat badan dikatakan normal bila bobotnya bertambah 13 sampai 18 kg, selama kehamilan.

Ibu hamil yang sebelumnya memiliki Berat Badan normal dengan indeks massa tubuh (BMI) antara 18,5 sampai 24,9 maka peningkatan berat badan dikatakan normal jika bertambah 11 hingga 16 kg, selama kehamilan.

  1. Pada ibu overweight (Berat Badan lebih dari Normal) dengan indeks massa tubuh (BMI) antara 25 sampai 29,9 maka peningkatan berat badan dikatakan normal bila ibu hamil bobotnya bertambah 7 sampai 11 kg, selama kehamilan.
  2. Ibu yang mengalami obesitas (gemuk) sebelum hamil dengan indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 30 maka peningkatan berat badan dikatakan normal bila pada saat hamil bobotnya bertambah 5 sampai 9 kg, selama kehamilan.

Proses melahirkan yang dimaksudkan oleh Ibu adalah proses melahirkan secara alami yang disebut persalinan spontan pervaginan. Persalinan spontan pervaginan tergantung dari 3 faktor penting yaitu :

  1. Keadaan janin dalam kandungan, Pemantauan keadaan kesehatan janin selama kehamilan  sangat penting. Terutama pemantauan detak jantung bayi,  deteksi dini  kelainan  letak / posisi janin dalam kandungan (melintang atau membujur), pemeriksaan USG bila diperlukan. Tak kalah penting pengawasan  berat badan janin agar tidak terlalu besar dan sesuai dengan ukuran panggul ibu. Oleh sebab itu adalah penting melakukan kontrol rutin ke Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan sebulan sekali sampai usia kehamilan 8 bulan, setelah itu kontrol dilakukan setiap minggu.
  2. Kondisi jalan lahir, Pemeriksaan keadaan jalan lahir juga menjadi syarat penting. Hal ini untuk mengetahui ada tidaknya masalah yang berhubungan dengan luas panggul, tidak ada tumor  yang menghalangi, tidak terdapat penyakit kelamin yang berbahaya untuk janin misalnya herpes vagina yang berat, penyakit jengger ayam (Condiloma akuminatum) yang menutupi vagina, plasenta tidak menutupi jalan lahir, dan sebagainya.
  3. Kondisi Kesehatan Ibu saat hamil dan sebelum melahirkan sangat memegang peran utama untuk kesuksesan proses persalinan. Kondisi ibu yang sehat  antara  lain tidak ada penyakit yang menjadi penyulit selama kehamilan atau komplikasi penyakit seperti preeklampsia berat, penyakit jantung dll.

Untuk itu sebaiknya lakukan kontrol teratur setiap bulan, dan ikuti nasehat dari Dokter yang merawat Ibu. Secara garis besar untuk persalinan spontan pervaginan, Berat Badan Janin adalah berkisar 2,5 kg sampai 3 kg. Namun harus disesuaikan juga dengan kondisi panggul ibu.

Selamat mempersiapkan diri untuk menyongsong kelahiran yang normal dan sehat.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menurunkan berat badan dengan cepat kadang berisiko buruk bagi kesehatan

Raih Tubuh Ideal dengan 10 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Ini

Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah, bahkan seringkali membuat banyak orang menyerah. Ada juga yang ingin menurunkan berat secara instan sehingga tidak mengindahkan risiko-risiko kesehatan. Agar tidak tersesat, simak cara menurunkan berat badan dengan cepat ini.