09 Feb 2021, 22:03Kandungan

Berapa batasan usia produktif untuk hamil?

F
Info Penanya: F, Wanita, 26 Tahun
Dok, umur saya 40 tahun dan sudah menikah tapi, belum juga memiliki keturunan. Saya mau tanya, Apakah diusia saya masih masuk ke dalam usia produktif untuk hamil?
2085 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, FTerima kasih atas pertanyaanny.Kehamilan akan terjadi selama ada sel telur yang dilepaskan indung telur dan juga sperma yang masuk ke rahim.  Pembuahan ini akan berlanjut pda tahap perlekatan pada dinding rahim untuk berlanjut menjadi janin.  Secara teori wanita sudah dapat hamil dari usia wanita mengalami haid hingga wanita memasuki menopause.Dokter menyarankan usia produktif untuk hamil pada usia akhir 20 tahun hingga awal 30an.  Hal ini didasarkan pada risiko kehamilan pada usia yang terlalu muda juga pada usia diatas 35 tahun.  Pada kehamilan usia terlalu muda berisiko untuk kelahiran prematur, bayi lahir rendah serta gangguan saat bayi baru lahir.Ketika wanita memasuki usia diatas 32 tahun, sel telur wanita akan semakin menurun sehingga potensi kehamilan menjadi lebih rendah.  Selain itu, kehamilan di usia lebih dari 35 tahun juga memiliki beberapa risiko.

Risiko hamil diatas 35 tahun :

Namun, bukan berarti wanita lebih dari 35 tahun tidak boleh hamil.  Tentu saja boleh hanya saja memerlukan pemeriksaan rutin serta menjaga kehamilan lebih ekstra dibanding kehamilan lainnnya. Bila anda sudah lebih dari 6 bulan belum juga hamil maka sebaiknya anda dan pasangan periksa ke dokter spesialis kandungan guna dilakukan pemeriksaan lanjutan apakah ada faktor risiko yang menganggu terjadinya kehamilan.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanmerencanakan kehamilanmasalah kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil