Sakit kepala dan jantung sesak, apakah penyebabnya?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 19 Tahun
Kepala sering sakit kemudian terasa jantung sesak dan punggung sakit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SA

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sakit kepala merupakan suatu kondisi yang dirasakan tidak nyaman berupa sakit atau nyeri pada kepala. Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh beberapa hal dan biasanya disertai dengan gejala yang lain. Misalnya, bila sakit kepala dsiertai dengan nyeri dada sesak dan nyeri pada punggung bisa disebabkan oleh adanya penyakit jantung, penyakit jantung bawaan (PJB), angina pectoris , aritmia dan lain sebagainya.

Selain penyebab diatas, gangguan pencernaan seperti pada Gastro esofageal reflux disease (GERD) juga memiliki gejala yang hampir mirip dengan gejala penyakit jantung. Adapun gejalanya adalah nyeri panas terbakar pada dada yang dapat dirasakan tembus ke punggung (heart burn), nyeri uluhati, mual dan atau muntah, rasa tidak nyaman pada tenggorokan, kembalinya cairan asam lambung ke kerongkongan (refluks), rasa asam dan atau pahit dirasakan di mulut.

Terkait dengan keluhan Anda bila dirasa sudah lama dan tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan dan tata laksana yang sesuai dengan kondisi Anda.

Sementara, tindakan yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Hindari stres dan kelelahan
  • Usahakan tetap mengonsumsi makanan bergizi
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan
  • Lakukan olahraga ringan
  • Istirahat cukup

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala kolesterol tinggi sebenarnya tidak ada, yang ada yaitu pemicunya seperti obesitas.

Gejala Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya dengan Sederhana

Ada sejumlah pemicu yang bisa menimbulkan gejala kolesterol tinggi. Oleh karena itu, kenali kondisi-kondisi yang menjadi pemicu tersebut, agar Anda bisa terhindar dari kolesterol tinggi.