Beradaptasi dengan lingkungan, caranya?

IA Info Penanya: IA, Wanita, 17 Tahun
Halo dokter, selamat pagi. Saya intan. Umur saya 17 tahun. Saya mau nanya dok, tentang masalah saya. Begini, saya bingung sama karakter saya dok. Kenapa saat saya di rumah saya terkenal banyak bicara di pandangan keluarga saya dan saya pun tidak bisa diam dok saat di rumah istilah nya aktif lah dok. Perbedaan nya saat saya di sekolah dok, dari saya SD sampai SMA saya selalu di cap pendiam dok, bahkan takut berbaur dok. Ada cara agar saya berubah dok? Apa saya mempunyai kepribadian ganda?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IM,

Adaptasi dengan lingkungan merupakan suatu hal yang bisa berbeda pada tiap individunya. Terkadang kondisi lingkungan di luar rumah juga menjadi faktor yang berpengaruh. Tipe kepribadian dan karakter seseorang juga bisa mempengaruhi.

Jika merasa dirumah aktif, bisa diterapkan juga di sekolah, mungkin tidak sampai yang terlalu aktif tapi setidaknya bisa ikut kegiatan ekstrakulikuler sehingga bisa berbaur dan bisa lebih aktif.

Dengan lingkungan dan kegiatan yang sesuai minat maka bisa akan lebih terbuka, lebih bisa mengekspresikan diri. Tidak perlu terlalu khawatir mengenai kepribadian, karena diam juga bisa merupakan suatu mekanisme pertahanan jika ada di lingkungan baru atau di lingkungan yang dirasa kurang nyaman, jadi bukan berarti memiliki kepribadian ganda. 

Jadi bisa juga belajar lebih terbuka ya, agar bisa juga aktif di lingkungan sekolah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain mengecek gangguan kepribadian, tes psikologis dapat dilakukan untuk pekerjaan dan edukasi

Dapatkah Tes Psikologi Mendiagnosis Gangguan Kepribadian?

Tes psikologi identik dengan diagnosis gangguan kepribadian, tetapi sebenarnya terdapat manfaat lain. Melalui tes psikologis, Anda dapat mengetahui masalah yang dialami dan potensi diri. Saat ini pun tes psikologis memiliki berbagai jenis, misalnya tes psikologi untuk pekerjaan, kesehatan, dan edukasi.