Benturan kepala saat bayi, apakah bisa berpengaruh sampai besar?

FD Info Penanya: FD, Wanita, 30 Tahun
Hi Dok, waktu bayi umur berapa bulan, kepala saya pernah terbentur dan jatuh cukup keras, setelah itu di kepala semacam tengkoraknya berubah bentuk gitu, jadi agak "njendol" ke arah bawah. Kalau diraba sih keras ya, seperti benar2 tulang tengkorak berubah bentuk. Sejak SD, sampai sekarang (30 th) msh suka pusing mendadak begitu sih, mulai dari mata sampai ke belakang kepala. Kadang pusingnya juga disertai mual dan muntah. apakah benar bentuk tengkorak bisa berubah ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FD,

Pusing adalah sensasi berputar yang bisa disertai dengan keluhan lain seperti mual, muntah bahkan sampai pingsan. Pusing juga bisa dirasakan seperti perasaan melayang, tidak seimbang ataupun seolah rungan berputar.

Penyebab keluhan pusing

Kondisi ini sering kali disebabkan oleh beberapa hal seperti:

  • Gaya hidup yang kurang baik, misalnya kurang tidur, pola makan yang tidak teratur, aktivitas fisik berat
  • Dehidrasi atau kurang cairan
  • Vertigo
  • Tekanan darah rendah
  • Anemia
  • Masalah di organ telinga

Riwayat benturan kepala saat bayi bisa tidak menjadi penyebab utama, untuk itu ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis neurologi atau dokter spesialis saraf apabila masih sering mengalami pusing.

Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan mulai dari wawancara, pemeriksaan fisik, pemeriksaan keseimbangan, pemeriksaan tambahan seperti lab darah, CT scan ataupun pemeriksaan pendengaran untuk menilai apa yang jadi penyebabnya.

Penanganan pusing sendiri bisa dilakukan dengan pemberian obat, latihan gerakan terapi tertentu untuk mencegah pusing berputar, dan juga perlu untuk mengubah gaya hidup yang lebih sehat sehingga pusing berputar dapat dicegah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mual, pusing, pandangan kabur merupakan gejala darah rendah.

Waspadai Gejala dan Kenali Penyebab Darah Rendah dengan Cermat

Gejala darah rendah adapun mual, pusing atau kepala terasa ringan, dehidrasi, sulit konsentrasi, tekanan darah di bawah 90/60 mmHg hingga pingsan apabila sudah kronis.