Apa risiko berhubungan seks anal?

IR Info Penanya: IR, Pria, 17 Tahun
malam dok, saya melakukan kegiatan sodomi tapi setelah itu saya merasakan hal yang cukup janggal , seperti pantat saya seperti bercelah lebar dan jika buang air gas suaranya kencang , dan katanya ada isu dobor corong nah bentuk dubur seperti itu bisa kembali normal atau tidak? dan berapa lama kembali normalnya terimakasihh dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, IR.

Seks anal adalah kegiatan berhubungan seksual dengan cara memasukkan penis ke lubang anus. Biasanya, hal ini dilakukan oleh pasangan suami-istri yang ingin melakukan eksplorasi. Tetapi, seks anal termasuk berisiko tinggi, dan sebaiknya perlu proteksi lebih jika ingin melakukannya.

Berikut risiko seks anal yang mungkin terjadi:

  • Lecet pada saluran anus, yang disebabkan oleh kurang licinnya saluran tersebut saat penetrasi, karena anus tidak bisa memproduksi pelumas seperti vagina. Kondisi lecet ini mampu menyebabkan lebih mudahnya bakteri atau virus dan menjadi infeksi.
  • Lebih rentan terkena infeksi menular seksual, seperti gonore, klamidia, atau HIV
  • Meningkatkan risiko terkena penyakit fistula ani
  • Pada orang yang memiliki ambeien, akan berisiko memperparah
  • Trauma emosional, apabila hal ini tidak dilakukan dengan persetujuan kedua belah pihak
  • Jika dilakukan dalam jangka panjang, sebagian ahli berpendapat lubang anus akan melebar dan menjadi sulit menahan buang air besar. Namun, hal ini masih menjadi perdebatan.

Terkait keluhan Anda, sodomi menurut KBBI adalah sanggama antarmanusia secara oral atau anal, biasanya antarpria. Perilaku tersebut yang dilakukan berkepanjangan memang dapat membuat dubur menjadi berubah bentuk pada sebagian orang. Apakah bisa kembali seperti semula atau tidak, sejauh ini belum ada penelitian tentang bentuk dubur itu sendiri. Jadi, sebaiknya tidak melakukannya lebih lanjut, ya, karena risiko yang cukup tinggi.

Anda juga bisa berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hemoroid adalah pembengkakan pembuluh darah di anus yang menyebabkan benjolan yang terasa nyeri

Sering Nyeri dan Ada Benjolan di Anus? Hati-hati Hemoroid

Hemoroid adalah pembesaran pembuluh darah di area sekitar anus dan rektum yang menyebabkan nyeri. Kondisi ini juga sering disebut wasir atau ambeien.