28 Oct 2020, 20:48Kulit & Kelamin

Bentol karena alergi obat, bagaimana penanganannya?

MA
Info Penanya: MA, Wanita, 28 Tahun
Obat bentol di wajah karna alergi obat
187 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, MA.Alergi obat adalah kondisi yang terjadi apabila sistem kekebalan tubuh seseorang merespon suatu obat secara berlebihan. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala ringan hingga berat, dan penanganannya sangatlah bergantung kepada gejala yang dialami.Berikut adalah gejala-gejala yang muncul karena alergi obat:
  • Ruam merah atau bentol-bentol pada kulit 
  • Gatal pada kulit
  • Pembengkakan pada wajah, mata, dan bibir
  • Sesak napas, terkadang disertai mengi
  • Kejang atau pingsan
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika mengalami alergi obat adalah menghentikan penggunaan obat tersebut. Apabila gejala ringan sebatas bentol di wajah, Anda dapat mengonsumsi banyak air putih. Lalu, apabila yang menyebabkan alergi bukan obat antihistamin, Anda dapat mengonsumsi obat antihistamin yang dijual bebas untuk mengurangi gejala.Tetapi, apabila timbul gejala lain yang lebih berat seperti yang diuraikan di atas, disarankan untuk segera berkunjung ke instalasi gawat darurat pada fasilitas kesehatan terdekat, agar dapat ditangani secara cepat. Apabila dibiarkan, dikhawatirkan terjadi komplikasi seperti syok anafilaksis. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
alergisyok anafilaksisalergi obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil